Tiga Tewas 'Ditelan' Badai Tropis Tembin di Filipina

Marcheilla Ariesta    •    Jumat, 22 Dec 2017 17:00 WIB
badaifilipina
Tiga Tewas 'Ditelan' Badai Tropis Tembin di Filipina
Ilustrasi: Metrotvnews.com

Mindanao: Sedikitnya tiga orang tewas dan enam lainnya dilaporkan hilang usai badai tropis Tembin melanda Filipina selatan. Badai ini mengakibatkan banjir dan tanah longsor di wilayah yang berpenduduk 20 juta orang itu.
 
Badai Tembin ini melanda pantai timur Mindanao dengan kecepatan 125 kilometer per jam.
 
"Kami memaksa ratusan orang dievakuasi dari beberapa desa, namun airnya naik dengan cepat dan tim penyelamat kami tidak dapat mencapai daerah lain," ujar petugas pertahanan sipil Saripada Pacasum di provinsi Lanao del Sur, seperti dilansir dari laman AFP, Jumat 22 Desember 2017.
 
Filipina terletak di sabuk tifus Pasifik dan rata-rata 20 topan dan badai menghantam tiap tahunnya. Meski demikian, Mindanao jarang terkena siklon ini.
 
Sementara itu, tanah longsor mengubur empat rumah di kota Tugaya dan menewaskan dua anak dengan lima orang lainnya hilang. Diduga mereka yang hilang tertimbun di bawah reruntuhan bangunan.
 
"Tanah longor lain juga mengubur empat rumah di kota Valencia dan menewaskan seorang nenek di sana," seru petugas pertahanan sipil kota, Junrey Vallejo.
 
Hingga kini, tim penyelamat masih terus melakukan pencarian korban. Mereka menggunakan mesin berat untuk mencari seorang gadis yang dilaporkan masih hilang.
 
Tak hanya itu saja, banjir juga meluas hingga ke wilayah Cagayan de Oro, salah satu kota besar di Mindanao. Akibat banjir, listrik padam di sebagian besar pulau.
 
Sebelum dihempas Badai Trembin, Filipina juga diserang Badai Tropis Kai-Tak. Badai tersebut menyebabkan lebih dari 54 orang tewas dan 24 lainnya hilang.



(FJR)


Obama Sindir Sejumlah Kebijakan Trump

Obama Sindir Sejumlah Kebijakan Trump

8 hours Ago

Sejumlah kebijakan Trump disindir Obama, yaitu kebijakan imigrasi dan mundurnya AS dari Kesepakatan…

BERITA LAINNYA