Kisruh Keluarga, Dua Adik PM Singapura Ajak Berdamai

Willy Haryono    •    Kamis, 06 Jul 2017 16:06 WIB
politik singapurasingapura
Kisruh Keluarga, Dua Adik PM Singapura Ajak Berdamai
PM Singapura Lee Hsien Loong. (Foto: AFP/ROSLAN RAHMAN)

Metrotvnews.com, Singapura: Dua adik dari Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mengajak berdamai dalam masalah keluarga yang menggegerkan seantero negara, Kamis 6 Juli 2017. 

Lee Hsien Yang dan Lee Wei Ling mengaku ingin menyelesaikan masalah dengan sang kakak secara privat. 

Singapura dikejutkan masalah keluarga PM Lee terkait sebuah rumah peninggalan Lee Kuan Yew, pendiri sekaligus pemimpin pertama Negeri Singa Putih. Kedua adik menuduh PM Lee menyalahgunakan wewenang terkait rumah tersebut. 

"Saat ini, kami akan berhenti menghadirkan bukti di media sosial, asalkan kami dan keinginan ayah kami tidak diserang atau disalahartikan," tutur Yang dan Ling dalam konferensi pers gabungan, seperti dilansir AFP

Lee Kuan Yew, yang berkuasa di Singapura selama tiga dekade, ingin menghancurkan rumah tersebut setelah dirinya meninggal dunia untuk menghindari munculnya gerakan pemujaan dari rakyat terhadap sang pemimpin.


Seorang pria berjalan di depan rumah Lee Kuan Yew. (Foto: AFP)

Namun kedua adik PM Lee menuduh kakaknya berusaha menghalangi penghancuran rumah demi agenda politik, termasuk mempersiapkan anaknya untuk menjadi pemimpin di masa depan. 

Kisruh keluarga ini mengejutkan Singapura yang tidak terbiasa menghadapi perbedaan di kalangan elite politik. Senin kemarin, PM Lee mengatakan di depan parlemen Singapura bahwa masalah keluarganya ini "bukan opera sabun" dan menyerukan agar diselesaikan secara tertutup. 

PM Lee menolak membawa masalah keluarganya ke jalur hukum. Kedua adiknya pun kini menyerukan hal serupa. "Kami akan berdiskusi tanpa ada keterlibatan pengacara atau agensi pemerintah," ujar kedua adik PM Lee. 

Masih di hadapan parlemen, PM Lee menegaskan tuduhan terhadap dirinya "sangat tidak berdasar."


(WIL)