Serangan Pemberontak Pakistan Tewaskan Dua Warga Iran

Willy Haryono    •    Minggu, 16 Jul 2017 14:44 WIB
konflik pakistaniran
Serangan Pemberontak Pakistan Tewaskan Dua Warga Iran
Garda Revolusioner Iran. (Foto: EPA)

Metrotvnews.com, Teheran: Garda Revolusioner Iran menyebut dua warga sipil tewas dalam serangan lintas perbatasan yang dilancarkan pemberontak asal Pakistan. 

"Pada Sabtu malam, sebuah tim teroris menembakkan (amunisi) dari wilayah Pakistan ke perbatasan Iran di kawasan Saravan di provinsi Sistan-Baluchistan," ucap pernyataan resmi Garda Revolusioner di situs Sepahnews, Minggu 16 Juli 2017.

"Dua pekerja lokal di area tersebut tewas dalam serangan teroris," lanjut dia. 

Pasukan dari Quds -- sayap operasi asing dari Garda Revolusioner -- membunuh salah satu pemberontak dan melukai dua lainnya. Sisa pemberontak melarikan diri ke wilayah Pakistan. 

Grup pemberontak yang melancarkan serangan belum dapat diidentifikasi. Namun selama bertahun-tahun, perbatasan Pakistan dan Iran sering menjadi lokasi serangan kelompok Jaish al-Adl. 

Teheran menyebut grup itu memiliki keterkaitan dengan al-Qaed dan memiliki markas di provinsi Balochistan, Pakistan. 

Jaish al-Adl dituduh sebagai dalang di balik serangan pada April yang menewaskan sepuluh penjaga perbatasan Iran di dekat wilayah Mirjaveh. 

Presiden Iran Hassan Rouhani menulis surat kepada Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif untuk meminta peningkatan keamanan di sepanjang perbatasan. 

Garda Revolusioner Iran menyebut pada 19 Juni lalu, mereka telah membunuh seorang pemimpin dan empat anggota grup ekstremis bernama Ansar al-Furqan di kota Chabahar, provinsi Sistan-Baluchistan.


(WIL)