Pasukan Militer Malaysia Bantu Pengungsi Banjir Penang

Eko Nordiansyah    •    Senin, 06 Nov 2017 02:26 WIB
banjir
Pasukan Militer Malaysia Bantu Pengungsi Banjir Penang
Ilustrasi. Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Kuala Lumpur: Pasukan militer dikerahkan untuk membantu ribuan orang yang terlantar di negara bagian Penang, Malaysia Utara, saat banjir semakin tinggi setelah lebih dari 24 jam hujan lebat.

Menteri Besar Penang, Lim Guan Eng mengatakan, sedikitnya ada 2.000 orang mengungsi akibat 80 persen negara bagian dihantam oleh angin yang tampak seperti topan.

Lim bilang, banjir terus meninggi menjadi 3-4 meter. Wilayah tersebut diprediksi bakal sering ditimpa hujan. Warga diimbau untuk tetap tinggal di rumah.

"Kami tetap khawatir bahwa masih ada insiden yang tidak diinginkan karena angin kencang, yang belum pernah dialami sebelumnya, dan banjir bandang akan terulang," kata Lim dilansir dari Antara, Senin 6 November 2017.

Wakil Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Dr Ahmad Zahid Hamidi mengatakan, Dewan Keamanan Nasional sedang berkoordinasi dengan polisi dan militer untuk membantu korban banjir setelah mendapat permintaan bantuan dari Penang.

Sementara itu, ratusan pohon tumbang dan jalan terendam air, sehingga banyak daerah lumpuh. Sedikitnya, dua orang tewas, sementara ratusan orang diungsikan di tempat penampungan sementara setelah rumah mereka diporak-porandakan banjir.


(HUS)