WNI Diduga Istri Pimpinan Teroris, Kemenlu Upayakan Konfirmasi Kewarganegaraan

Marcheilla Ariesta    •    Minggu, 05 Nov 2017 20:06 WIB
wniterorisme di filipina
WNI Diduga Istri Pimpinan Teroris, Kemenlu Upayakan Konfirmasi Kewarganegaraan
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir (Foto: Fajar Nugraha/Metrotvnews.com).

Metrotvnews.com, Jakarta: Istri Omarkhayam Maute, anggota kelompok militan Maute, ditangkap di Iligan City, Filipina. Minhati Madrais, namanya, diduga berkewarganegaraan Indonesia.
 
 
Konsulat Jenderal RI di Davao menerima informasi serupa dari pihak berwenang di Filipina. Namun, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir menuturkan jika saat ini, KJRI Davao masih menunggu izin kekonsuleran.
 
"Kita menunggu notifikasi konsuler dan akses konsuler untuk bisa lakukan konfirmasi kewarganegaraan yang bersangkutan," seru Arrmanatha kepada Metrotvnews.com, Minggu, 5 November 2017.
 
"Informasi yang diterima Konjen RI di Davao secara informal demikian," imbuhnya.
 
Berdasarkan keterangan yang diterima dari Karo Penmas Div Humas Polri Brigjen Pol Rikwanto, Kepolisian Cagayan de Oro memberikan informasi bahwa sekitar pukul 9.30 waktu setempat, terjadi penangkapan terhadap seorang warga negara Indonesia (WNI) bernama Minhati Madrais beserta enam anaknya. Penangkapan terjadi di 8017 Steele Makers Village, Tubod Iligan City.
 
Minhati Madrais dilaporkan sebagai WNI asal Bekasi yang menjadi isteri dari salah satu pimpinan kelompok Maute, Omarkayam Maute yang sebelumnya telah tewas dalam operasi militer Filipina di Marawi.
 
 
Dalam penangkapannya, beberapa barang bukti juga disita, seperti empat buah blasting Cap, dua buah detonating Cord dan satu time fuse. Selain itu Minhati juga membawa paspor yang telah habis masa berlakunya.
 
Saat ini, Minhati bersama anaknya dilaporkan berada di kantor polisi Iligan City untuk menjalani pemeriksaan.



(FJR)