Indonesia Akan Hadapi Bonus Demografi, Mantan Presiden Meksiko Beri Saran

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 29 Nov 2017 19:58 WIB
bonus demografi
Indonesia Akan Hadapi Bonus Demografi, Mantan Presiden Meksiko Beri Saran
Mantan presiden Meksiko Ernesto Zedillo (kedua dari kiri) beri pengalaman hadapi bonus demografi (Foto: Sri Yanti Nainggolan).

Jakarta: Indonesia akan mengalami bonus demografi pada 2020-2030, suatu kondisi dimana jumlah usia produktif yang bekerja akan lebih banyak ketimbang usia penduduk pada umumnya dalam sebuah populasi negara.
 
Mantan presiden Meksiko Ernesto Zedillo mengaku bahwa negara yang pernah ia pimpin pada 1994-2000 tersebut pernah mengalami hal serupa.
 
"Meksiko juga pernah mengalaminya, dimana masa pertumbuhan usia produktif tinggi. Untuk mengoptimalkannya, perlu ada penyeimbangan antara jumlah penduduk dengan dunia usaha untuk mereka bekerja," pungkasnya dalam konferensi pers di Puskesmas Kebon Jeruk, Rabu 29 November 2017.
 
Anggota kelompok pemimpin independen The Elders tersebut berpendapat, tingginya jumlah tenaga kerja bisa diarahkan untuk masuk ke pasar kerja sehingga semakin kencang dalam menggerakkan ekonomi bangsa.
 
Untuk bisa mencapai hal itu, lanjutnya, diperlukan persiapan khusus seperti pendidikan dan pelatihan untul mereka yang mau terjun ke pasar kerja.
 
Di sisi lain, hal yang tak kalah penting adalah adanya investasi untuk membuka lapangan kerja baru.
 
"Bonus demografi ini bagus, tapi lebih cepat berakhir daripada saat diharapkan. Jadi lebih baik bersiap untuk datang dan berakhirnya masa ini," tutup Ernesto.

(FJR)