Gempa 7,2 SR Guncang Perbatasan Iran-Irak, 61 Orang Tewas

Sonya Michaella    •    Senin, 13 Nov 2017 08:27 WIB
gempa bumi
Gempa 7,2 SR Guncang Perbatasan Iran-Irak, 61 Orang Tewas
Gempa berkekuatan 7,2 SR guncang perbatasan Iran-Irak. (Foto: AFP)

Kermanshah: Setidaknya 61 orang dinyatakan tewas dan 300 lainnya terluka dalam gempa yang mengguncang Provinsi Kermanshah, yang terletak di perbatasan Iran-Irak, semalam.

Survey Geologi Amerika Serikat menyebutkan gempa berkekuatan 7,3 Skala Richter (SR) ini berpusat 30 kilometer dari barat daya Halabja, dekat perbatasan timur laut Iran.

Di Irak, para pejabat mengatakan bahwa gempa tersebut telah menewaskan setidaknya 30 orang dan melukai sekitar 300 lainnya.

Dikutip Strait Times, Senin 13 November 2017, gempa tersebut melanda daerah pegunungan Sulaimaniyah pada pukul 21.18 waktu setempat pada kedalaman 25 kilometer.

Getaran juga terasa selama 20 detik di Baghdad, ibu kota Irak, serta di provinsi lainnya di Irak. Di Provinsi Sulaimaniyah, yang terletak di wilayah Kurdistan, Irak, warga berlarian ke jalan saat gempa mengguncang dan ada beberapa kerusakan pada bangunan.

Salah satu stasiun TV di Irak melaporkan aliran listrik telah diputus dan tim penyelamat telah dikirim ke daerah pusat gempa. Seorang pejabat dari Departemen Meteorologi Irak mengatakan, gempa tersebut hampir dirasakan ke seluruh provinsi di Irak.

Wakil Perdana Menteri Kurdistan Qubad Talabani berbela sungkawa atas musibah ini. Dia mengatakan gempa sesungguhnya telah terjadi setelah wilayah Kurdistan diguncang krisis ekonomi, kemanusiaan, dan poltik, yang terus menyerang wilayah Kurdistan Irak. 


(FJR)