Kerja Nyata SDGs, Pertukaran Pelajar Antar Negara ASEAN

Sonya Michaella    •    Senin, 19 Sep 2016 16:33 WIB
sdg
Kerja Nyata SDGs, Pertukaran Pelajar Antar Negara ASEAN
Simposium SDGs di Hotel JW Marriot, Jakarta, 19 September 2016. (Foto: MTVN/Sonya Michaella)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sosialisasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) 2030 kepada masyarakat internasional tampaknya menjadi jurus Asosiasi Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN) untuk mencapai 17 tujuan pembangunan tersebut.

"Sosialisasi. Dan terus perlahan mewujudkan satu per satu dari 17 tujuan tersebut. Sosialisasi dimulai dari masyarakat ASEAN terlebih dahulu," kata Wakil Sekretaris Jenderal ASEAN untuk Asia dan Pasifik, Vongthep Arthakaivalvatee ketika ditemui di Hotel JW Marriot, Jakarta, Senin (19/9/2016).

"Apa artinya dan manfaatnya tujuan pembangunan ini untuk dunia, masyarakat harus tahu sebelum melakukannya," imbuhnya lagi.

Tak hanya usaha dari ASEAN, Tiongkok dan juga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang memprakarsai tujuan pembangunan ini, namun masyarakat internasional pun diharapkan dapat berkontribusi.

"Kami juga mendapatkan visi dan misi dari para pemimpin negara anggota ASEAN dan juga Tiongkok, di mana mereka menyatukan visi mereka untuk SDGs," lanjutnya.

Vongthep menambahkan visi SDGS 2030 sejalan dengan visi ASEAN 2025.  "Bagaimana sebuah negara bisa membawa dan mewujudkan SDGs, itu sedang dilakukan negara-negara ASEAN," ujarnya lagi.

Contoh nyata yang kerap dilakukan antar negara-negara ASEAN dalam mengimplementasikan SDGs adalah pertukaran pelajar antar negara ASEAN.

"Kami sedang meningkatkan pertukaran pelajar antar negara-negara ASEAN untuk mengimplementasikan salah satu tujuan pembangunan ini," pungkas Vongthep.


(WIL)