Indonesia-Belanda Sepakati Kerja Sama Bidang Keamanan Siber

Marcheilla Ariesta    •    Selasa, 03 Jul 2018 14:55 WIB
indonesia-belanda
Indonesia-Belanda Sepakati Kerja Sama Bidang Keamanan Siber
Menlu Belanda Stef Blok dengan Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Djoko Setiadi sepakati kerja sama (Foto: Marcheilla Ariesta).

Jakarta: Indonesia dan Belanda menyepakati kerja sama di bidang keamanan siber. Kesepakatan ditandatangani Menteri Luar Negeri Belanda Stef Blok dengan Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Djoko Setiadi.
 
"Hari ini kami menandatangani perjanjian keamanan siber. Dalam dialog kami membahas peningkatan kapabilitas, ahli dan penjagaan infrastruktur siber," ucapnya dalam pernyataan bersama di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Selasa 3 Juli 2018.
 
Keterangan tertulis BSSN menyebutkan penandatanganan ini sebagai langkah awal dan bentuk komitmen Indonesia dan Belanda dalam berbagi informasi keamanan.
 
"Indonesia dan Belanda memiliki kepentingan dan pandangan sama dalam membangun kapasitas keamanan siber guna mencapai tujuan nasional masing-masing negara," ujar BSSN.
 
Kerja sama ini tak hanya sebagai pertukaran informasi saja, namun ada juga berbagi kebijakan nasional dan strategi kebijakan manajemen terkait ranah siber, pertukaran sudut pandang, pengalaman dan lainnya lewat pelatihan dan pendidikan.
 
Menlu Blok menyebutkan dalam penandatanganan tersebut juga terdapat kesepakatan di area lainnya. Salah satunya warisan pesisir maritim untuk masa depan.
 
"Kesepakatan ini nantinya akan meneliti lebih lanjut ke dalam tiga situs bangkai kapal Belanda di Laut Jawa," tukasnya.
 
Nantinya, akan ada kerja sama lebih lanjut dan mendalam bersama dengan kepala ahli agensi nasional kebudayaan Belanda untuk penelitian tersebut.
 
Penandatanganan kesepakatan dilakukan dalam kunjungan Menlu Belanda ke Indonesia dan disaksikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.


(FJR)