Thailand Main Aman dalam Penyelamatan 13 Orang di Gua

Arpan Rahman    •    Rabu, 04 Jul 2018 14:25 WIB
thailand
Thailand Main Aman dalam Penyelamatan 13 Orang di Gua
Gubernur Chiang Rai, Narongsak Osottanakornstand, dalam konferensi pers di area dekat gua Tham Luang, 4 Juli 2018. (Foto: AFP/YE AUNG THU)

Tham Luang: Tim penyelamat tidak mau mengambil risiko dalam menyelamatkan 12 anak laki-laki dan pelatih sepak bola mereka yang terperangkap di gua Tham Luang di Chiang Rai, Thailand.

Saat ini, 13 orang itu telah menerima makanan dan perawatan medis memadai setelah sempat terjebak selama 9 hari. Tujuh penyelam, termasuk seorang dokter dan perawat, menemani 13 orang itu di dalam gua.

Saat ini, otoritas Thailand dan para pakar sedang mempertimbangkan opsi terbaik untuk membawa 13 orang itu ke tempat aman.

"Kami tidak akan terburu-buru untuk membawa mereka keluar dari gua," kata Gubernur Chiang Rai, Narongsak Osoththanakorn, kepada awak media. 

"Siapapun yang tingkat risikonya nol, dapat segera meninggalkan gua," lanjut dia, seperti dilansir dari BBC, Rabu 4 Juli 2018. Ia merujuk pada risiko terjadinya hal yang tidak diinginkan dalam proses evakuasi.

Hujan deras bisa membuat permukaan air di dalam gua naik, dan mengancam ruang udara tempat 13 orang itu berlindung.

Baca: Hujan Deras Persulit Penyelamatan 13 Orang dari Gua Thailand

Anak-anak itu ditemukan sembilan hari setelah mereka memasuki gua Tham Luang, usai mereka semua selesai berlatih sepak bola. Mereka tidak dapat keluar karena gua terendam air akibat hujan deras.

Selasa kemarin, otoritas Thailand mengatakan tim penyelamat telah menyediakan pemeriksaan dan perawatan kesehatan, serta tetap menjaga agar 13 orang itu tetap terhibur. Tidak ada satu pun dari 13 orang itu yang mengalami masalah serius.

"Mereka diberi makanan yang mudah dicerna dan berenergi tinggi serta vitamin dan mineral di bawah pengawasan dokter," kata Laksamana Muda Apagorn Youkonggaew, kepala pasukan khusus Angkatan Laut Thailand.

Sebelumnya, militer Thailand mengatakan opsi paling aman adalah menunggu air di dalam gua surut. Selama menunggu proses itu, militer menyarankan agar 13 orang di dalam gua itu dilatih menyelam.


(WIL)