Tingkatkan Perdagangan dan Investasi, PM Belanda akan Kunjungi Indonesia

Sonya Michaella    •    Sabtu, 15 Oct 2016 15:22 WIB
indonesia-belanda
Tingkatkan Perdagangan dan Investasi, PM Belanda akan Kunjungi Indonesia
Menlui Belanda, Bert Koenders kepada Menlu RI, Retno Marsudi (Foto: Dok. Kemlu RI)

Metrotvnews.com, Bangkok: Demi meningkatkan kerja sama di bidang perdagangan dan investasi, Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte direncanakan akan mengunjungi Indonesia.

Hal ini disampaikan Menteri Luar Negeri Belanda, Bert Koenders kepada Menlu RI, Retno Marsudi pada pertemuan bilateral Indonesia-Belanda di sela-sela ASEAN-EU Ministerial Meeting di Thailand.

"Kunjungan PM Rutte diharapkan akan semakin memperluas kerja sama kedua negara yang telah berjalan baik dan memfokuskan kerja sama kepada prioritas pembangunan Indonesia seperti di bidang infrastruktur, perdagangan dan investasi," kata Menlu Retno, seperti keterangan tertulis dari Kementerian Luar Negeri yang diterima Metrotvnews.com, Sabtu (15/10/2016).

Rencananya, PM Rutte akan didampingi oleh pengusaha-pengusaha Belanda dan sejumlah pejabat bidang infrastruktur, kerja sama pembangunan dan pembangunan berkelanjutan. Namun, waktu pasti kunjungan tersebut tampaknya belum ditentukan.

Delegasi bisnis tersebut rencananya akan menjajaki kemungkinan kerja sama di bidang infrastruktur khususnya pembangunan pelabuhan

Pemerintah Indonesia dan Kerajaan Belanda memiliki komitmen bersama untuk mewujudkan Belanda sebagai gateway produk Indonesia di Eropa dan sebaliknya Indonesia sebagai pintu masuk produk Belanda di kawasan Asia Tenggara.

Saat ini perdagangan bilateral selalu menunjukkan surplus bagi Indonesia. Pada tahun 2015 total perdagangan bilateral mencapai USD4,22 miliar, sedangkan untuk periode Januari-Juni 2016 nilai perdagangan mencapai USD1,83 miliar.

Indonesia juga memiliki kepentingan agar negara-negara anggota Uni Eropa memberikan dukungan terhadap produk kelapa sawit Indonesia, mengingat ekspor Indonesia terbesar ke Eropa adalah dari komoditas sawit.

Pada kunjungan Presiden Joko Widodo ke Belanda, 21-22 April lalu, telah disepakati kerja sama pengelolaan air serta dukungan Belanda terkait CPO, kerja sama counter-terrorism dan toleransi.

Indonesia dan Belanda memiliki status sebagai  mitra komprehensif, dan Belanda adalah mitra dagang terbesar Indonesia ke-2 terbesar di Uni Eropa serta investor terbesar ke-4. 

Pada kuartal I 2016, investasi Belanda di Indonesia mencapai USD266,93 juta dalam 208 proyek, sementara pada 2015 mencapai USD1,31 miliar dalam 421 proyek.

Jumlah WNI di Belanda adalah 14.548 orang (per Agustus 2016) sedangkan  jumlah wisatawan Belanda ke Indonesia adalah 166.824 pada 2015.


(FJR)

Santiago De Cuba Bersiap untuk Pemakaman Fidel Castro

Santiago De Cuba Bersiap untuk Pemakaman Fidel Castro

5 hours Ago

Proses pemakaman untuk tokoh revolusi Kuba, Fidel Castro mulai dipersiapkan di kota terbesar kedua…

BERITA LAINNYA