Akhir Maret, RI Segera Bangun Rumah Sakit di Rakhine

Sonya Michaella    •    Rabu, 15 Mar 2017 15:45 WIB
indonesia-myanmar
Akhir Maret, RI Segera Bangun Rumah Sakit di Rakhine
Menlu Retno Marsudi saat meresmikan pembangunan dua sekolah di Rakhine, Myanmar, 21 Januari 2017. (Foto: Kemenlu RI).

Metrotvnews.com, Jakarta: Komitmen terus diperlihatkan oleh Indonesia untuk memberikan bantuan kepada Myanmar. Beberapa rencana pembangunan infrastruktur kemanusiaan pun akan diwujudkan.

Selain empat sekolah, Indonesia juga merencanakan akan membangun rumah sakit untuk membantu Myanmar di bidang kesehatan. Rencananya, proses pembangunan akan segera dimulai.
 
"Harapannya akhir bulan ini dimulai. Jika semua sudah diterima dari pemerintah Myanmar, pembangunan ya dimulai. Persiapan dan dana juga sudah cukup matang," ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir di Kemenlu RI, Jakarta, Rabu 15 Maret 2017.
 
 
Pembicaraan mengenai bantuan Indonesia di bidang kesehatan ini sudah diutarakan Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi saat bertemu dengan pemimpin de facto Myanmar, Aung San Suu Kyi, tahun lalu.
 
Rencananya, Indonesia juga akan memberikan bantuan berupa tenaga pengajar ke sekolah-sekolah dan pelatihan bagi polisi Myanmar.
 
Apa yang Pemerintah Indonesia lakukan sebagai wujud negara yang menekankan adanya kontribusi untuk perdamaian dunia.
 
Bantuan dari Indonesia ini juga menekankan di mana program-program pembangunan untuk Rakhine tak hanya dari pemerintah tapi juga dari sejumlah lembaga kemanusiaan.
 
 
Pada Januari lalu, Menlu Retno sudah meresmikan dua sekolah di Rakhine State sebagai bentuk bantuan di bidang pendidikan kepada Myanmar.
 
Peresmian dua sekolah di Rakhine ini juga menyusul penyerahan resmi bantuan 10 kontainer yang saat pengirimannya dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, 29 Desember 2016 lalu. 
 
Sebelumnya, sudah ada dua sekolah yang beroperasi di sana. Sekolah, yang merupakan bantuan dari Indonesia ini, diperuntukkan bagi semua kalangan.  

 


(FJR)