Australia Dorong Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia

Sonya Michaella    •    Senin, 21 Nov 2016 16:35 WIB
indonesia-australia
Australia Dorong Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia
Dubes Australia untuk Indonesia Paul Grigson (Foto: Sonya Michaella/MTVN).

Metrotvnews.com, Jakarta: Pendidikan menjadi salah satu fokus utama kerja sama antara Australia dan Indonesia. Australia pun menjadi negara sahabat Indonesia yang sangat mendukung pendidikan di Indonesia.
 
Untuk itu, Kedutaan Besar Australia di Indonesia meluncurkan akun Facebook Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia sebagai platform untuk pembelajaran profesional.
 
Program ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran siswa terutama dalam membaca dan menghitung. Inovasi juga bekerja sama dengan mitra lokal yang sesuai.
 
"Warga Australia dan Indonesia mempunyai semangat yang sama akan pendidikan dan kedua negara berupaya mencari model pengajaran baru dan konsep baru untuk meningkatkan anak-anak belajar," kata Duta Besar Australia untuk Indonesia, Paul Grigson, di Kedubes Australia, Jakarta, Senin (21/11/2016).
 
Menurutnya, akses ke pendidikan bermutu adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kesejahteraan kedua negara dan salah satu investasi paling penting yang suatu negara dapat lakukan untuk rakyat dan masa depannya.
 
"Kita dapat belajar banyak satu sama lain, sebagaimana yang pernah saya temukan di satu buku, yang memungkinkan para kepala sekolah dan guru untuk belajar lebih jauh," lanjutnya.
 
Pembelajaran tersebut, ujar dia, meliputi praktik-praktik baru, menelaah isu-isu gender, disabilitas dan membangun budaya sekolah yang positif.
 
Pemerintah Australia dan Indonesia bekerja sama untuk meningkatkan mutu pendidikan anak-anak Indonesia di sekolah dan madrasah melalui program inovasi.
 
Dubes Grigson menyatakan bahwa peluncuran Facebook Inovasi ini menjadi kesempatan baik bagi Indonesia dan Australia. Diketahui, banyak pelajar Indonesia yang menuntut ilmu di Australia, begitu pun sebaliknya.
 
Ketika ditanya soal biaya atas kerja sama ini, Dubes Grigson menuturkan bahwa pasti akan selalu ada pembicaraan tentang biaya dalam melebarkan sayap kerja sama di bidang ini.
 
"Tapi yang paling penting adalah kualitasnya. Apa yang terjadi saat proses belajar mengajar. Bagaimana perkembangannya. Yang penting kualitasnya terjaga," pungkasnya.



(FJR)