Lewat Pendidikan, Kemenag Kenalkan Islam ke Belanda

Sonya Michaella    •    Selasa, 22 Nov 2016 15:55 WIB
indonesia-belanda
Lewat Pendidikan, Kemenag Kenalkan Islam ke Belanda
Direktur Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Budaya Belanda, Feite Hofman (kiri) di Kementerian Agama, Jakarta, 22 November 2016. (Foto: MTVN/Sonya Michaella)

Metrotvnews.com, Jakarta: Belanda menjadi salah satu negara tujuan pelajar Indonesia untuk menimba ilmu karena mempunyai sejumlah universitas ternama. 

Kementerian Agama RI dan Kementerian Pendidikan dan Budaya Belanda telah menjalin kerja sama sejak 2015 dan akan dilanjutkan hingga 2020 mendatang.

"Universitas-universitas di Belanda juga menggali kerja sama di bidang pendidikan Islam dengan Kemenag RI, salah satunya Universitas Leiden," ucap Direktur Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Budaya Belanda, Feite Hofman, di Kemenag RI, Jakarta, Selasa (22/11/2016).

Hofman juga mengungkapkan kerja sama di bidang pendidikan dengan Kemenag menjadi salah satu pondasi mempererat hubungan bilateral Belanda dan Indonesia, khususnya di bidang pendidikan.

Saat ini, Indonesia adalah salah satu negara yang jumlah pelajarnya cukup signifikan di luar negeri. Negara-negara favorit pelajar Indonesia di antaranya Belanda, Inggris dan Amerika Serikat (AS).

"Kami juga membuka kesempatan para mahasiswa dan mahasiswi dari universitas Islam di Indonesia untuk mengambil studi Doktor di Leiden," ujarnya.

Selain itu, ada pula pemberian beasiswa untuk summer schools bagi para mahasiswa Muslim di Indonesia untuk bisa mengecap studi singkat di Belanda. Biasanya, summer schools di Belanda memakan waktu dua hingga tiga pekan.

Senada dengan Hofman, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemenag RI, Kamaruddin Amin mengatakan kerja sama pendidikan ini harus selalu terjalin erat, karena bisa juga dijadikan sarana untuk mengenalkan agama Islam ke Belanda.

"Belanda dan Indonesia bisa berdiskusi tentang pendidikan di masa depan pada pertemuan kali ini dan kami pun bisa mengenalkan agama Islam ke Belanda," terang Kamaruddin.

Ia menambahkan dari beasiswa yang diberikan Kemenag kepada pelajar di Indonesia, kebanyakan dari mereka memilih jurusan pendidikan.

"Dominasi terbesar memang jurusan pendidikan. Kami juga berharap bahwa penerima beasiswa dari Kemenag untuk belajar ke Belanda terus meningkat," pungkasnya.


(WIL)

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

1 day Ago

Perdana Menteri Italia Metteo Renzi mundur dari jabatannya setelah gagal menang dalam referendum…

BERITA LAINNYA