Korban Tewas Banjir di India Barat Melonjak Jadi 213 Orang

Willy Haryono    •    Senin, 31 Jul 2017 12:40 WIB
banjir asia
Korban Tewas Banjir di India Barat Melonjak Jadi 213 Orang
Selain Gujarat, banjir juga melanda Arunachal Pradesh dan Assam, Juli 2017 (Foto: EPA)

Metrotvnews.com, Gujarat: Banjir akibat hujan deras di India barat telah menewaskan total 213 orang sejauh ini, menurut data terbaru otoritas setempat pada Minggu 30 Juli 2017. 

Jumlah korban tewas banjir di negara bagian Gujarat melonjak dari 123 pada Rabu pekan lalu menjadi 213, seiring upaya petugas penyelamat yang baru dapat mencapai beberapa area terdampak banjir. 

Menduga jumlah korban tewas akan kembali bertambah, otoritas Gujarat mengaku kewalahan mengidentifikasi sejumlah jasad yang sudah lama terendam air. 

Seorang pejabat di ruang urusan darurat menjelaskan bahwa "kematian seseorang baru dapat dikonfirmasi jika proses postmortem sudah dilakukan."

"Karena banyak jasad ditemukan, postmortem menghabiskan banyak waktu," ujarnya, seperti dilansir Guardian

Dalam salah satu operasi, petugas menemukan 25 jasad, termasuk 17 yang merupakan satu keluarga. Puluhan jasad itu ditemukan di dua desa yang terendam banjir di distrik Banaskantha. 

Saat ini diperkirakan masih ada 130 ribu korban selamat yang terjebak di area tergenang. Petugas pun mengerahkan helikopter dan kapal untuk mencapai mereka. 

Perdana Menteri Narendra Modi, yang mengunjungi Gujarat pekan lalu, menggunakan radio untuk menyampaikan pesan bahwa bantuan sedang disalurkan kepada seluruh korban selamat. 

Selain Gujarat, negara bagian Arunachal Pradesh dan Assam juga dilanda banjir akibat hujan deras. Beberapa area di Odisha dan Bihar juga terkena dampak serupa.

Di Assam, sedikitnya 77 orang tewas akibat banjir, dan operasi darurat dijalankan sejak April. Banjir di Assam telah menghancurkan berbagai jenis tanaman di puluhan ribu hektare lahan.


(WIL)