Topan Doksuri di Vietnam Tewaskan Empat Orang

Willy Haryono    •    Minggu, 17 Sep 2017 11:52 WIB
topan badai
Topan Doksuri di Vietnam Tewaskan Empat Orang
Seorang pria bersepeda di tengah Badai Doksuri di Vietnam, Jumat 15 September 2017. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Ha Tinh: Topan Doksuri melanda Vietnam pusat dan menewaskan empat orang serta melukai sepuluh lainnya. Doksuri yang membawa hujan deras dan angin kencang menerbangkan sejumlah atap rumah dan menumbangkan tiang listrik. 

Seperti dikutip ABC, Sabtu 16 September 2017, aliran listrik terputus di banyak lokasi, dan hingga kini otoritas setempat masih berusaha menghidupkannya. Banjir dilaporkan terjadi di beberapa titik Vietnam. 

Dengan kecepatan putaran angin hingga 135 kilometer per jam, Doksuri tiba di provinsi Ha Tinh pada Jumat kemarin. Petugas badan penanggulangan bencana Ngo Duc Hoi mengatakan Doksuri memporak-porandakan enam distrik di pesisir dan menerbangkan sekitar 62.500 atap rumah.

Di provinsi Quang Binh, seorang pria tewas akibat terjatuh saat berusaha memperkuat atap rumahnya. Seorang pria lanjut usia juga dilaporkan tewas akibat terjatuh di tengah badai. Sepuluh lainnya terluka akibat tertimpa pohon atau puing yang beterbangan.

Sementara di provinsi Nghe An, seorang wanita berusia 83 tahun meninggal dunia akibat tertimpa puing bangunan. Di provinsi Thua Thien Hue, seorang pria tewas tersapu banjir dari aliran sungai yang meluap. 

Doksuri melanda Filipina pada Selasa kemarin sebagai siklon tropis yang tidak terlalu kuat. Meski demikian, dilaporkan ada empat korban tewas dan enam lainnya yang dinyatakan hilang. 

Otoritas Manajemen Bencana Vietnam mengatakan 79 ribu warga di beberapa titik rawan di lima provinsi telah dievakuasi, dan sekitar 210 lainnya juga telah dipindahkan ke tempat aman. 

Vietnam, negara berpopulasi 93 juta warga, rentan dilanda banjir dan badai yang menewaskan ratusan orang di tiap tahunnya.


(WIL)