Foto Satelit Perlihatkan Pembongkaran Situs Nuklir Korut

Willy Haryono    •    Selasa, 15 May 2018 11:26 WIB
korea utara
Foto Satelit Perlihatkan Pembongkaran Situs Nuklir Korut
Foto satelit dari CNES pada 13 April 2017 memperlihatkan situs uji coba nuklir Punggye-ri. (Foto:

Pyongyang: Foto-foto yang diambil dari satelit mengindikasikan Korea Utara telah memulai proses pembongkaran situs nuklirnya, menjelang pertemuan historis antar pemimpin Pyongyang Kim Jong-un dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Kabar disampaikan di situs grup pemantau ternama 38 North, Selasa 15 Mei 2018.

Seperti dikutip dari kantor berita AFP, grup tersebut mengatakan sejumlah foto satelit di tanggal 7 Mei memperlihatkan "bukti definitif pertama bahwa pembongkaran situs sedang berjalan."

Dalam sebuah langkah yang disambut baik AS dan juga Korea Selatan, akhir pekan kemarin Korut mengaku akan menghancurkan "total" situs nuklir Punggye-ri. Proses resmi penghancuran dijadwalkan pada 23-25 Mei mendatang, dengan mengundang sejumlah media asing.


Daftar waktu uji coba nuklir Korut. (Foto: AFP)

Namun sejauh ini, Korut tidak mengundang agensi pemantau nuklir internasional, sehingga muncul kekhawatiran mengenai keseriusan dari janjinya menghancurkan Punggye-ri.

Bulan lalu, Kim bertekad menutup Punggye-ri usai berkata bahwa kekuatan nuklir Korut sudah komplet. Ia mengaku sudah tidak membutuhkan lagi situs uji coba tersebut.

Masih dari laporan 38 North, disebutkan bahwa sejumlah bangunan kecil serta lintasan rel penghubung antar terowongan di Punggye-ri terlihat sudah dihancurkan atau dipindahkan. Pembuatan terowongan baru di situs tersebut juga sudah dihentikan sejak akhir Maret.

Terdapat pula foto-foto satelit yang memperlihatkan persiapan prosesi resmi penutupan situs. Terlihat sebuah area yang diyakini akan digunakan sebagai tempat berkumpulnya para jurnalis.


(WIL)


Pameran Replika Stasiun Kereta Api Bersejarah di AS

Pameran Replika Stasiun Kereta Api Bersejarah di AS

1 hour Ago

Ribuan pengunjung setiap tahun datang ke U.S. Botanic Garden atau Kebun Raya AS di Washington untuk…

BERITA LAINNYA