Australia Puji Indonesia dalam Perang Melawan Terorisme

Syaikhul Hadi    •    Senin, 06 Aug 2018 12:47 WIB
terorismeindonesia-australia
Australia Puji Indonesia dalam Perang Melawan Terorisme
Menlu Australia Julie Bishop dalam kunjungan ke Mapolrestabes Surabaya, Jatim, 5 Agustus 2018. (Foto: Syaikhul Hadi)

Surabaya: Serangan bom yang terjadi di Surabaya beberapa bulan lalu menjadi perhatian banyak pihak, termasuk Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop. 

Saat berkunjung ke Jawa Timur, ia menyempatkan diri mendatangi lokasi teror bom bunuh diri di Polrestabes Surabaya. 

Aksi terorisme di Surabaya ini tidak hanya menjadi perhatian penuh pemerintah Indonesia, tapi juga Australia sebagai salah satu negara tetangga.

"Aksi terorisme tidak boleh terjadi. Kami akan terus bekerja sama dengan Indonesia untuk sama-sama melawan aksi terorisme dalam berbagi informasi dan intelijen," ujar Julie Bishop, didampingi Kepala Konjen Australia Surabaya, Chris Barnes, saat berkunjung ke Mapolrestabes Surabaya, Minggu 5 Juli 2018. 

Selain itu, pihaknya juga memastikan bahwa penegak hukum kedua negara dapat bekerja bersama-sama dalam memerangi terorisme dan ekstremisme.

"Itu adalah terapi yang baik untuk kemitraan yang sangat erat dalam kerja sama kontraterorisme," tegasnya. 

Dalam kunjungan di Surabaya, Menlu Bishop berbincang-bincang dengan Kasat Reserse Narkoba Polrestabes Surabaya, AKBP Roni Faishal. Saat serangan bom kala itu, Roni Faishal menyelamatkan anak dari terduga pelaku bom bunuh diri. 

"Kagum sekaligus patut kita apresiasi atas kinerja kepolisan yang tanggap dan cepat dalam menyelamatkan korban. Serta keberhasilan kepolisian dalam mengungkap pelaku dan jaringannya. Saya ucapkan simpati dan rasa belasungkawa mendalam bagi para korban akibat ledakan bom tersebut,"  Menlu Bishop.


(WIL)