Kecelakaan Bus di Thailand Tewaskan 21 Pekerja Migran

Willy Haryono    •    Jumat, 30 Mar 2018 10:53 WIB
kecelakaan bus
Kecelakaan Bus di Thailand Tewaskan 21 Pekerja Migran
Petugas memadamkan api dari sebuah bus di Kilometer 60 jalan raya 12, di Taman Nasional Maharat Taksin di Mae Thor, provinsi Tak, Thailand, Jumat 29 Maret 2018 (Foto: Bangkok Post/Assawin Pinitwong)

Bangkok: Sebuah bus yang dipenuhi pekerja migran asal Myanmar mengalami kecelakaan dan terbakar di provinsi Tak, Thailand, Jumat 29 Maret 2018. Kecelakaan menewaskan 21 penumpang. 

Sebanyak 27 penumpang lainnya berhasil meloloskan diri dari kobaran api, namun terluka dan dilarikan ke rumah sakit. 

Laporan media lokal menyebutkan bus sewaan itu mengangkut sekitar 50 pekerja Myanmar dari provinsi Mae Sot menuju Zona Industri Nava Nakorn di Pathum Thani. Mereka semua berangkat usai menyelesaikan pendaftaran izin kerja. 

Para pekerja migran itu adalah bagian dari ribuan orang yang telah menyelesaikan proses panjang izin kerja di Kementerian Tenaga Kerja Thailand. 

Kecelakaan terjadi di Kilometer 60 jalan raya 12, di Taman Nasional Maharat Taksin di Mae Thor. 

Seperti dikutip Bangkokpost.com, laporan awal menyebut mesin bus terbakar dan api menyebar cepat ke seluruh bagian. 

Kepolisian Thailand mengatakan bus itu mengangkut 48 pekerja Myanmar, dengan ditambah satu sopir asal Thailand dan istrinya. 

Otoritas Tak menyebut kobaran api yang membakar bus begitu kuat, sehingga proses identifikasi korban membutuhkan ahli forensik. Seorang petugas di lapangan mengaku tidak dapat membedakan antara jasad pria dan wanita.


(WIL)