329 Calon Perawat dan Caregiver Indonesia Dikirim ke Jepang

Sonya Michaella    •    Senin, 04 Jun 2018 17:37 WIB
indonesia-jepang
329 Calon Perawat dan <i>Caregiver</i> Indonesia Dikirim ke Jepang
Perawat dan caregiver Indonesia yang akan diberangkatkan ke Jepang (Foto: Sonya Michaella).

Jakarta: Jepang kembali menerima perawat dan caregiver atau pengasuh warga lanjut usia asal Indonesia untuk bekerja. Di tahun ke-10 ini, sebanyak 329 calon perawat dan caregiver akan berangkat ke Jepang.
 
"Ini adalah tahun ke-10 program perawat Indonesia masih berjalan. Kami tentu berterima kasih kepada Pemerintah Indonesia atas kerja samanya," kata Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii, di Kedutaan Besar Jepang, Jakarta, Senin 4 Juni 2018.
 
"Jumlah tahun ini pun meningkat dari pada tahun lalu. Ini menunjukkan minat warga Indonesia untuk bekerja di Jepang sangat besar," ungkap dia.
 

Dubes Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii (Foto: Sonya Michaella).


Dimulai sejak 2008, program ini telah menghasilkan sebanyak 20.216 perawat dan caregiver Indonesia yang berpengalaman sepulang dari Jepang.

Mereka terlebih dahulu diseleksi dan dites oleh Kementerian Kesehatan RI serta BNP2TKI, utamanya karena mereka akan ditempatkan di rumah sakit dan layanan perawatan di Negeri Sakura tersebut.
 
Setiba di sana, nanti para calon perawat dan caregiver ini akan belajar Bahasa Jepang selama enam bulan. Sebelum diberangkatkan, mereka sudah terlebih dulu belajar Bahasa Jepang di Indonesia.
 
"Setelah itu, mereka akan menghadapi ujian nasional yang terbilang cukup sulit. Jika lulus, mereka akan bekerja di Jepang selama dua hingga tiga tahun," ucap Dubes Iishi.
 
Dubes Ishii menegaskan, Jepang akan terus bekerja sama dengan Indonesia serta kementerian dan lembaga terkait untuk menghasilkan pekerja-pekerja yang disiplin di berbagai bidang, terutama kesehatan.


(FJR)


Jamal Khashoggi: Dunia Arab Butuh Kebebasan Berekspresi
Jurnalis Arab Saudi Menghilang

Jamal Khashoggi: Dunia Arab Butuh Kebebasan Berekspresi

32 minutes Ago

Jamal Khashoggi menginginkan warga biasa di dunia Arab mengetahui beragam peristiwa global tanpa…

BERITA LAINNYA