Tiongkok Protes Kapal AL AS di Laut China Selatan

Marcheilla Ariesta    •    Senin, 28 May 2018 13:02 WIB
laut china selatan
Tiongkok Protes Kapal AL AS di Laut China Selatan
Situasi di Laut China Selatan. (Foto: AFP).

Beijing: Militer Tiongkok mengumumkan mengirim kapal perang untuk menantang dua kapal Angkatan Laut milik Amerika Serikat (AS) yang berlayar di Laut China Selatan. Pengiriman kapal perang ini sebagai bentuk protes mereka ke AS.

Tiongkok mengklaim sebagian besar wilayah di Laut China Selatan sebagai miliknya. Karenanya setiap menghadapi kapal dari AS dan sekutunya, Beijing selalu melancarkan protes.

"Tiongkok sudah memperingatkan mereka untuk pergi," kata Kementerian Pertahanan Nasional Tiongkok lewat sebuah pernyataan, seperti dilansir dari laman New York Times, Senin 28 Mei 2018.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Nasional Kolonel Wu Qian menuturkan AS secara serius telah melanggar kedaulatan Tiongkok. 

Dua kapal AS, Higgins dan Antietam melintas dalam jarak 12 mil laut dari Kepulauan Paracel, pulau buatan di bagian utara perairan yang disengketakan di Laut China Selatan, di lepas pantai Vietnam.

Dalam beberapa bulan terakhir, Beijing lebih bertekad mempertahankan klaimnya di Laut China Selatan dengan memperkuat dan mempersenjatai pangkalan-pangkalan di Kepulauan Paracel. Senjata yang ditempatkan lebih banyak dibanding di Kepulauan Spratly.

Pada 18 Mei lalu, Tiongkok mengumumkan mendaratkan pembom strategis H-6K di pos terdepan Paracels, Woody Island untuk pertama kalinya.


(FJR)