Korsel Sarankan Jepang untuk Berdialog dengan Korut

Willy Haryono    •    Selasa, 08 May 2018 10:06 WIB
politik jepangkorsel-korut
Korsel Sarankan Jepang untuk Berdialog dengan Korut
Presiden Korsel Moon Jae-in. ( Foto: AFP)

Tokyo: Jepang dan Korea Utara sebaiknya mulai berdialog untuk menormalisasi hubungan dan berkontribusi terhadap perdamaian serta stabilitas di kawasan, ungkap Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dalam wawancara dengan surat kabar Yomiuri, Selasa 8 Mei 2018. 

"Secara khusus, saya rasa dialog Jepang dengan Korut harus dilanjutkan," ujar Moon.

"Jika hubungan Jepang-Korut telah dinormalisasi, maka akan berkontribusi terhadpa perdamaian dan keamanan di Asia Timur Laut, di luar Semenanjung Korea," lanjut dia, dalam jawaban tertulis. 

Wawancara dilakukan menjelang Konferensi Tingkat Tinggi antara Moon, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan PM Tiongkok Li Keqiang di Tokyo. 

Korut diprediksi akan menjadi isu penting dalam pertemuan ketiganya. Namun seorang diplomat senior Tiongkok pekan lalu mengatakan bahwa isu Pyongyang bukan fokus pembicaraan. 

Sementara itu dalam KTT Korea bulan lalu antara Moon dengan pemimpin Korut Kim Jong-un, kedua kubu sepakat berupaya mencapai denuklirisasi Semenanjung Korea. KTT ini juga dianggap sebagai batu loncatan menuju pertemuan Kim dengan Presiden Amerika Serikat Kim Jong-un. 

Moon menyebut keinginan Kim untuk "denuklirisasi menyeluruh" telah menjadi dasar pertemuan antara Korut dengan AS. Ia menilai Kim sebagai "orang yang sangat terbuka dan berpikiran praktis." 

"Mulai saat ini, berdasarkan kepercayaan mendalam, kami akan mengambil langkah-langkah menuju perdamaian dan kesejahteraan serta unifikasi," sebut Moon.


(WIL)


Trump Sebut AS Siap Tingkatkan Senjata Nuklir

Trump Sebut AS Siap Tingkatkan Senjata Nuklir

23 hours Ago

Trump menyebut Rusia tidak patuh terhadap semangat dari perjanjian nuklir era Perang Dingin.

BERITA LAINNYA