Rusia Dikabarkan Buka Koneksi Internet Baru untuk Korut

Sonya Michaella    •    Rabu, 04 Oct 2017 09:22 WIB
korea utara
Rusia Dikabarkan Buka Koneksi Internet Baru untuk Korut
Ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Moskow: TransTelecom, perusahaan telekomunikasi asal Rusia, dilaporkan membuka jaringan internet baru untuk Korea Utara (Korut). Pasalnya, Korut sering dituding melakukan serangan siber.

Dikutip dari Washington Post, Rabu 4 Oktober 2017, koneksi internet ini pertama kali dilaporkan oleh 38 North, sebuah proyek kerja sama antara institusi Amerika Serikat dan Korea Selatan.

Tak hanya itu, sebuah temuan kelompok pantau arus internet internasional juga mengatakan bahwa ada jaringan internet baru dari Rusia ke Korut sejak Minggu 1 Oktober.

Ketika dikonfirmasi mengenai tudingan ini, TransTelecom menyanggah bahwa mereka menyediakan koneksi internet baru ke Korut, pun ke negara atau perusahaan lainnya.

Mereka menyatakan bahwa TransTelecom memiliki satu hubungan jaringan dengan Korut di bawah sebuah perjanjian pada 2009 silam.

Sejak perjanjian itu disepakati, TransTelecom menjadi penyuplai 60 persen koneksi internet di Pyongyang. Sementara, 40 persen lainnya berasal dari Tiongkok.

Menurut seorang analis, jika memang benar adanya koneksi baru dari Rusia, tentu ini akan membuat Korut bisa mengatur serangan siber yang lebih besar di masa mendatang.

Untuk saat ini, akses internet di Korut memang masih sangat terbatas di mana diperkirakan hanya mencapai tak lebih dari 1.000 koneksi.



(WIL)