Pencarian Baru MH370 tidak Dibayar Jika tak Ada Penemuan

Arpan Rahman    •    Kamis, 04 Jan 2018 18:37 WIB
misteri mh370
Pencarian Baru MH370 tidak Dibayar Jika tak Ada Penemuan
Pemerintah Malaysia masih terus berusaha melakukan pencarian terhadap pesawat Malaysia Airlines MH370 (Foto: AFP).

Kuala Lumpur: Malaysia tidak perlu membayar biaya apapun kepada perusahaan terbaru untuk melakukan pencarian atas Malaysia Airlines MH370. Namun dengan catatan jika tidak ada apapun yang ditemukan, Menteri Transportasi Malaysia Datuk Seri Liow Tiong Lai mengatakan Rabu malam 3 Januari 2018.
 
Menteri Transportasi mengumumkan bahwa Kabinet telah setuju guna melanjutkan perundingan dengan perusahaan eksplorasi Ocean Infinity, yang mengirim sebuah kapal berteknologi tinggi kemarin. Perusahaan berharap dapat memecahkan salah satu misteri terbesar penerbangan.
 
"Kami sekarang dalam tahap negosiasi terakhir, dengan kontrak akan selesai pada pekan depan, setelah itu saya akan membuat pengumuman rinci," katanya setelah bertemu pemimpin puncak Barisan Nasional dengan Perdana Menteri Datuk Seri Najib Razak, seperti dilansir Malaymail Online, Kamis 4 Januari 2018.
 
Liow mengatakan bahwa pengumuman tersebut penting karena kesepakatan itu didasarkan pada konsep "kalau tidak ketemu, tidak dibayar".
 
"Kecuali jika perusahaan berhasil menemukan dan mengidentifikasi lokasi penerbangan dan bangkainya, mereka tidak akan mengenakan biaya pencarian kepada kami," katanya.
 
Pesawat jet Malaysia Airlines menghilang pada Maret 2014 dengan 239 orang -- kebanyakan berasal dari Tiongkok -- dalam perjalanan dari Kuala Lumpur ke Beijing sesudah mengalihkan rute dari jalur penerbangannya.
 
Ocean Infinity sedang menyewakan kapal penelitian Norwegia, Seabed Constructor, yang berangkat dari Afrika Selatan dan bertujuan untuk tiba di area pencarian pada pertengahan Januari.
 
Kapal tersebut membawa beberapa kapal selam otonom yang bisa diluncurkan dari kapal itu buat menjelajahi dasar laut untuk mencari jet yang hilang.



(FJR)


Grup Amal Texas Tampung 30 Imigran yang Ditahan AS

Grup Amal Texas Tampung 30 Imigran yang Ditahan AS

6 hours Ago

Para imigran itu ditampung usai otoritas AS mencabut dakwaan hukum atas tuduhan memasuki wilayah…

BERITA LAINNYA