Jelang Olimpiade, 36 Ribu Warga Asing Dilarang Masuk Korsel

Sonya Michaella    •    Senin, 05 Feb 2018 13:03 WIB
korea selatan
Jelang Olimpiade, 36 Ribu Warga Asing Dilarang Masuk Korsel
Persiapan Korsel jelang olimpiade. (Foto: AFP)

Seoul: Korea Selatan (Korsel) telah mengeluarkan larangan bagi 36 ribu warga asing untuk masuk ke Seoul menjelang Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang, dengan alasan keamanan.

"Agen mata-mata telah mengatakan kepada Parlemen bahwa pihaknya bekerja sama dengan badan intelijen asing untuk mengumpulkan identitas warga negara asing sebagai rencana anti-terorisme," kata seorang anggota Parlemen Korsel, dikutip dari Yonhap, Senin 5 Februari 2018.

Namun, tidak dijelaskan warga negara mana saja yang dilarang Seoul untuk masuk menjelang olimpiade.

Olimpiade Musim Dingin akan digelar mulai 9 Februari 2018 mendatang di Pyeongchang, Korsel. Yang istimewa, tim Korea Utara pun akan turut serta dalam olimpiade ini.

Tak hanya itu, tim Korut dan Korsel akan menjadi sebuah tim gabungan hoki es wanita yang akan bersama-sama berjuang di bawah Bendera Unifikasi.

Sementara itu, pejabat tertinggi Korut, Kim Yong-nam, bersama 22 anggota delegasinya juga akan menghadiri pembukaan olimpiade. Mereka akan tiba di Seoul pada 9 Februari.

Kehadiran Kim juga akan berbarengan dengan Wakil Presiden Amerika Serikat, Mike Pence dan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe.

Kim Yong Nam akan menjadi pejabat paling senior tertinggi dari Korut yang mengunjungi Korsel.

Kim sendiri juga pernah menghadiri Olimpiade Musim Panas 2008 di Beijing, Tiongkok dan Olimpiade Musim Dingin 2014 di Sochi, Rusia. 

Menurut laporan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Kim Yong-nam tidak masuk di daftar hitam. Begitupun, namanya tidak ada di daftar hitam Amerika Serikat.  


(WIL)


Menlu AS Temui Raja Salman Bahas Jurnalis Hilang

Menlu AS Temui Raja Salman Bahas Jurnalis Hilang

3 hours Ago

Pompeo berterima kasih kepada Raja Salman karena mendukung penyelidikan transparan pencarian Jamal…

BERITA LAINNYA