Jepang Yakin Indonesia Punya Pesan Kuat untuk Korut

Sonya Michaella    •    Kamis, 30 Nov 2017 08:47 WIB
indonesia-jepangrudal korut
Jepang Yakin Indonesia Punya Pesan Kuat untuk Korut
Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii (Foto: Sonya Michaella).

Jakarta: Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii angkat bicara mengenai peluncuran rudal balistik antarbenua Korea Utara (Korut) yang lagi-lagi mengarah ke Zona Ekonomi Eksklusif Jepang.
 
 
"Mereka sangat menentang resolusi Dewan Keamanan PBB. Jepang akan terus bekerja sama dengan Amerika Serikat dan Korea Selatan untuk merancang langkah berikutnya," kata Dubes Ishii ketika ditemui di Hotel Mulia, Rabu 29 November 2017.
 
"Saya yakin Indonesia juga memiliki pesan yang kuat untuk Korut. Ini adalah waktunya kita menekan negara itu (Korut)," lanjut dia.
 
Dalam pernyataan tertulis yang dirilis Kementerian Luar Negeri RI, Indonesia juga menyebut bahwa tindakan Korut ini adalah tindakan yang tidak bertanggungjawab.
 
Peluncuran rudal Korut ini adalah yang ketujuh di tahun ini, setelah terakhir kalinya Korut meluncurkan rudal balistik pada September kemarin.
 
 
Rudal balistik antarbenua Korut diluncurkan pada hari ini sekitar pukul 18.17 GMT atau dini hari di mana rudal ini mengarah ke Zona Ekonomi Eksklusif Jepang dan membuat Negara Matahari Terbit itu berang.
 
Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menegaskan bahwa tindakan provokatif Korut yang sudah berulangkali mengarah ke Laut Jepang. 
 
Sebelumnya, memang Jepang telah melacak dan menerima sinyal radio bahwa Korut sedang mempersiapkan peluncuran uji coba rudal berikutnya.
 
Dikatakan, rudal tersebut terbang selama 53 menit pada ketinggian di atas 4.000 kilometer. 



(FJR)