Buka KTT ASEAN, Duterte Ucapkan Terima Kasih atas Dukungan ke Marawi

Sonya Michaella    •    Senin, 13 Nov 2017 10:32 WIB
ktt aseanterorisme di filipina
Buka KTT ASEAN, Duterte Ucapkan Terima Kasih atas Dukungan ke Marawi
Presiden Filipina, Rodrigo Duterte saat menjamu para kepala negara di gala dinner KTT ASEAN. (Foto: AFP)

Manila: Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengucapkan terima kasih kepada komunitas internasional untuk pembebasan Kota Marawi, di mana lima bulan terakhir dikepung oleh kelompok militan Maute.

Hal ini diungkapkan dirinya saat berpidato pada pembukaan KTT ASEAN ke-31 di Pasay City, Filipina.

"Tegas, kami sekarang dalam proses membantu warga Marawi untuk kembali bangkit memperoleh kehidupan mereka lagi," kata Duterte, dikutip dari Inquirer, Senin 13 November 2017.

Ia mengungkapkan, KTT ASEAN ini akan sangat berguna untuk dirinya bertemu dengan para pemimpin negara di mana akan terlibat diskusi untuk kepentingan masalah regional dan internasional.

Tiga negara yakni Indonesia, Filipina dan Malaysia pun telah sepakat untuk membangun Marawi demi perdamaian berkelanjutkan. Kesepakatan ini terbentuk dari pertemuan informal tiga negara kemarin.

Menlu RI Retno Marsudi menekankan bahwa pembebasan Marawi bukanlah tujuan akhir, melainkan sebuah awal dari tugas yang lebih besar lagi, yakni mewujudkan pembangunan dan perdamaian berkelanjutan di Marawi dan di kawasan.

Untuk itu, Indonesia akan terus mendukung Filipina dalam melakukan proses rekonstruksi dan rehabilitasi di Marawi. 

Seiring dengan pulihnya situasi di Marawi dan kembalinya masyarakat ke kota tersebut, langkah penting berikutnya adalah melakukan rekonstruksi dan rehabilitasi infrastruktur, re-integrasi, penyelesaian akar permasalahannya, serta penguatan kerja sama guna mencegah terulangnya kembali tragedi seperti yang terjadi di Marawi.  



(FJR)