Menlu AS Bertekad Lanjutkan Dialog Diplomatik dengan Korut

Sonya Michaella    •    Senin, 16 Oct 2017 09:44 WIB
nuklir korea utara
Menlu AS Bertekad Lanjutkan Dialog Diplomatik dengan Korut
Menlu AS Rex Tillerson. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Washington: Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Rex Tillerson mengatakan, Presiden Donald Trump telah mengintruksikan bahwa usaha diplomatik harus dilanjutkan di tengah ketegangan konflik dengan Korea Utara (Korut).

"Presiden telah menyuruh saya untuk melanjutkan usaha dialog diplomatik dengan Korut," kata Tillerson, dikutip dari CNN, Senin 16 Oktober 2017.

Namun, kata-kata Trump di akun Twitter pribadinya seolah menghambat usaha Tillerson membangun dialog dengan Korut. Kata-kata Trump tersebut dinilai merusak pembicaraan diplomatik.

Tillerson juga sempat membantah bahwa ancaman Trump untuk tidak melanjutkan kesepakatan nuklir Iran sudah melemahkan kesempatan AS untuk menjinakkan Korut melalui diplomasi.

"Saya pikir, apa yang harus diambil dari keputusan Presiden di kesepakatan nuklir Iran adalah AS mengharapkan kesepakatan yang sangat menuntut dengan Korut," ungkap dia.

Sementara itu, Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley, mendorong argumen yang sama bahwa mengevaluasi kembali kesepakatan Iran "mengirim pesan yang sempurna kepada Korut, yaitu, AS tidak akan terlibat dalam Kesepakatan buruk."

Terkait hubungan AS dan Tiongkok soal nuklir Korut, Tillerson kembali menegaskan bahwa hubungan AS dan Tiongkok tidak menegang dan Tiongkok memahami posisi AS.

Ia yakin Tiongkok mengerti posisi AS dan mereka tidak mencampuri kebijakan AS soal Korut.





(WIL)