Taliban Serbu Sebuah Institut Agrikultur Pakistan 9 Orang Tewas

Fajar Nugraha    •    Jumat, 01 Dec 2017 15:53 WIB
pakistanpenyerangan pakistan
Taliban Serbu Sebuah Institut Agrikultur Pakistan 9 Orang Tewas
Serangan terhadap institut pelatihan agrikultur Pakistan (Foto: AFP).

Peshawar: Setidaknya sembilan orang tewas dan 35 lainnya terluka dalam serangan di sebuah sekolah kejuruan di Peshawar, Pakistan, Jumat 1 Desember 2017.
 
Dua dari tiga pelaku penyerangan yang menggunakan senjata api, merangsek masuk ke Agriculture Training Institute pada pagi hari waktu setempat. Kejadian bertepatan di saat umat Muslim merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW.
 
Menurut media militer Paksitan, Inter Services Public Relations (ISPR), saat ini pihak keamanan sudah menetralisir pelaku penyerangan. Operasi pun sudah berakhir untuk meringkus para pelaku.
 
"Setidaknya dua ledakan terdengar di dalam kampus," ujar Kepala Polisi Peshawar Inspektur Jenderal Salahudin Mehsud, seperti dikutip Kuna, Jumat 1 Desember 2017.
 
Hingga saat ini jalanan menuju lokasi kejadian ditutup karena pertempuran sengit. Juru Bicara Kompleks Medis Hayatabad memberikan konfirmasi bahwa ada sembilan orang tewas dan 35 lainnya terluka.
 
Menurut laporan awal dari polisi, empat orang militan menyerbu asrama dari institut itu.
Pihak berwenang pun langsung mengambil tindakan. Seluruh dari pelaku penyerangan dilaporkan tewas dalam serangan balasan.
 
ISPR memberikan konfirmasi bahwa dua prajurit Pakistan terluka dalam kejadian ini. Militer yang melakukan penyisiran menemukan jaket berisi bom bunuh diri, granat tangan, dua bom dan pistol di dalam bangunan Direktorat Agrikultur.

Juru Bicara Tehreek-e-Taliban Muhammad Khusrasani mengklaim bertanggungjawab dalam serangan itu.

"Anggota kami melakukan serangan di gedung itu karena dijadikan kantor bagi ISI (Intelijen Pakistan). Anggota kami akan terus menyerang hingga titik darah penghabisan," tegas Khusrasani, kepada AFP.

Wilayah yang diserang diketahui sebagai penghubung bagi institusi pendidikan di Peshawar, termasuk Universitas Peshawar. 





(FJR)