Pesawat Angkatan Laut AS Jatuh di Dekat Laut Jepang

Sonya Michaella    •    Rabu, 22 Nov 2017 15:41 WIB
amerika serikat
Pesawat Angkatan Laut AS Jatuh di Dekat Laut Jepang
USS Ronald Reagan. (Foto: AFP)

Okinawa: Pesawat Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) dilaporkan jatuh di tenggara Laut Okinawa, Jepang. Pesawat ini jatuh dalam perjalanannya ke kapal induk USS Ronald Reagan.

Menurut laporan, USS Ronald Reagan sedang beroperasi di Laut Filipina ketika kecelakaan pesawat AL itu terjadi sekitar 14.45 waktu Jepang.

"Operasi pencarian dan penyelamatan telah diluncurkan dari USS Ronald Reagan," sebut pernyataan resmi dari armada ke-7 yang berbasis di Jepang itu.

Dikutip dari Telegraph, Rabu 22 November 2017, pesawat tersebut membawa 11 orang yang terdiri dari penumpang dan awak kabin.

Militer Amerika Serikat belum mengetahui persis penyebab kecelakaan tersebut.

Sementara, USS Ronald Reagan adalah satu dari tiga kapal induk AS yang mengadakan latihan bersama di wilayah tersebut. Latihan ini juga untuk mengantisipasi serangan Korea Utara ke sekutu-sekutu AS seperti Jepang dan Korea Selatan. 

Agustus lalu, AL AS harus kehilangan 10 personelnya saat USS John McCain bertabrakan dengan sebuah kapal tanker di Singapura.

Dua bulan sebelumnya, kapal USS Fitzgerald dan kapal kargo juga bertabrakan satu sama lain di Laut Jepang dan menyebabkan tujuh orang tewas.



(FJR)