Thailand Proses Kremasi untuk Raja Bhumibol selama Lima Hari

Sonya Michaella    •    Kamis, 20 Apr 2017 13:30 WIB
raja thailand
Thailand Proses Kremasi untuk Raja Bhumibol selama Lima Hari
Kremasi mendiang Raja Thailand Bhumibol Adulyadej berlangsung selama 5 hari (Foto: AFP).

Metrotvnews.com, Bangkok: Kremasi jasad Raja Thailand, Bhumibol Adulyadej akan diselenggarakan pada 26 Oktober 2017 mendatang. Proses kremasi ini akan berlangsung selama lima hari.
 
"Royal Palace telah memastikan bahwa hari kremasi jatuh pada 26 Oktober 2017," kata pejabat senior pemerintahan yang menolak disebutkan namanya, seperti dikutip Reuters, Kamis 20 April 2017.
 
Setelah proses kremasi selesai, baru pengganti Raja Bhumibol yakni putranya, Maha Vajiralongkorn akan dilantik untuk menggantikan posisi ayahnya untuk menjadi Raja Thailand.
 
Sebelumnya, penobatan Vajiralongkorn sempat ditunda pada Desember lalu sampai jasad ayahnya dikremasi.
 
Wakil Perdana Menteri Thailand, Wissanu Krea-ngam juga mengatakan bahwa kremasi Raja Bhumibol sudah dipastikan pada Oktober.
 
Raja Bhumibol meninggal dunia pada Oktober 2016 pada usia 88 tahun setelah didera sakit berkepanjangan. Wafatnya mengakhiri tujuh dekade pemerintahannya di Negeri Gajah Putih tersebut.
 
Raja Bhumibol dipandang sebagai raja yang menyatukan rakyat Thailand meski kericuhan masih melanda Thailand.
 
Pejabat pemerintah tersebut juga mengatakan bahwa kremasi Raja Bhumibol akan menjadi sebuah perhelatan yang akan disaksikan seluruh warga Thailand, bahkan bisa disaksikan turis mancanegara.
 
Namun, pemerintahan menolak membeberkan anggaran yang dikeluarkan untuk proses kremasi Raja Bhumibol. Pemakaman anggota kerajaan terakhir dilaksanakan pada 2008 di mana mengkremasikan kakak perempuan Raja Bhumibol, Putri Galyani Vadhana.



(FJR)