China Balik Serang Trump soal Misil Korut

Sonya Michaella    •    Selasa, 01 Aug 2017 14:00 WIB
nuklir korea utara
China Balik Serang Trump soal Misil Korut
Pemimpin Korut, Kim Jong-un tertawa melihat keberhasilan peluncuran uji coba misil balistik. (Foto: KCNA)

Metrotvnews.com, Beijing: Kementerian Luar Negeri China secara langsung menanggapi kritik Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump soal misil balistik Korea Utara (Korut).

Dalam akun Twitter pribadinya, Trump sempat menyebut dirinya sangat kecewa dengan China menyusul peluncuran misil balistik antarbenua Korut pada pekan lalu.

Bahkan, Trump menyebut China tidak melakukan apa-apa untuk mengendalikan Korut dan hanya berdialog. Trump beranggapan, China harusnya dengan mudah menyelesaikan polemik ini.

Pasalnya, China adalah sekutu dekat Korut, yang diharapkan bisa mengendalikan Negara Komunis tersebut agar tidak terus-terusan menguji coba misil balistiknya.

"Isu nuklir Korut bukan karena China dan setiap negara perlu bekerja sama untuk mencari solusinya," sebut pernyataan resmi dari Kemenlu China, seperti dikutip Channel News Asia, Selasa 1 Agustus 2017.

Tidak peduli seberapa kuatnya China, lanjut pernyataan tersebut, usaha China tidak akan berhasil jika tidak ada kerja sama dari sejumlah negara. 

Sementara itu, Rusia menyebut bahwa AS sengaja menimpakan kesalahan kepada Rusia dan China soal uji coba misil balistik Korut kemarin.

"AS menyalahkan Moskow dan Beijing atas tindakan ambisi nuklir Korut. Padahal, merekalah yang beralih dari tanggung jawab," kata Kementerian Luar Negeri Rusia dalam sebuah pernyataan.

 


(WIL)