Wawancara Khusus Dubes Thailand untuk Indonesia

Thailand Tertarik dengan Pendidikan di Indonesia

Marcheilla Ariesta    •    Sabtu, 16 Sep 2017 08:12 WIB
indonesia-thailand
Thailand Tertarik dengan Pendidikan di Indonesia
Duta Besar Thailand untuk Indonesia Pitchayaphant Charnbhumidol (Foto: Wahyu Dwi Anggoro/Metrotvnews.com).

Metrotvnews.com, Jakarta: Putri Thailand Maha Chakri Sirindhorn tahun lalu melakukan kunjungan ke Indonesia. Dalam kunjungannya tersebut, dia rupanya memberikan program pengembangan kaum muda di beberapa sekolah dasar di Bogor dan Ternate.
 
Tak hanya itu, sang putri juga menyumbangkan sejumlah uang untuk pembangunan ruang sanitari dan beberapa konstruksi bangunan. Sang putri juga pergi sendiri ke sekolah tersebut untuk melihat perkembangan pembangunannya.
 
Kepedulian hati Putri Sirindhron membuahkan kerja sama antar kementerian pendidikan dua negara. Duta Besar Thailand untuk Indonesia Pitchayaphant Charnbhumidol menuturkan kepada Metrotvnews.com, Kamis 14 September 2017, kedua kementerian tersebut menandatangani nota kesepahaman untuk melanjutkan aktivitas bersama di bidang pendidikan.
 
Kedubes Thailand juga ikut peduli dengan pendidikan di Indonesia. Mereka menyumbangkan peralatan olah raga dan beberapa buku dari anak-anak di seluruh Negeri Gajah Putih itu. 
 
"Bulan lalu kami ke Surabaya untuk menyumbangkan buku dan alat olah raga, seperti bola voli, basket, sepak, meja tenis dna buku untuk beberapa sekolah di sana," ujarnya sat ditemui di kantornya.
 
Dia menambahkan, pekan lalu juga berkunjung ke Makassar dan melakukan hal sama. Demikian juga pemberian buku dan alat-alat olah raga dilakukan di lima sekolah sekitar kedutaan.
 
Menurut Dubes Pitchayaphant, para siswa merasa sangat senang menerima alat olah raga dan buku tersebut.
 
Tak hanya di pendidikan dasar, kepedulian Thailand atas pendidikan Indonesia juga ditunjukkan ke tingkat yang lebih profesional. Berbagai pelatihan diberikan kepada pejabat Indonesia dan profesional lainnya.
 
Beberapa subjek yang menjadi fokus adalah pengamanan pangan, perkembangan berkelanjutan, sufisien ekonomi, dan perubahan iklim. Dubes Pitchayaphant mengatakan sudah lebih dari 100 orang menerima pelatihan di Thailand.
 
"Beberapa perusahaan kami di Indonesia seperti Siam Cements Group (SCG) juga memberikan beasiswa untuk pelajar Indonesia selama kurang lebih lima tahun terakhir," ungkapnya.
 
Pemberian beasiswa itu dimaksudkan agar para siswa tidak putus sekolah dan bisa mendapat pendidikan yang lebih baik ke depannya.
 
Pendidikan merupakan salah satu kerja sama antarmasyarakat kedua negara. Tercatat hingga saat ini, ada sekitar 2.500 warga Thailand di Indonesia, dengan total pelajar mencapai 1.900 orang.



(FJR)