Mike Pence: Islam Moderat di Indonesia Inspirasi bagi Dunia

Willy Haryono    •    Jumat, 21 Apr 2017 13:49 WIB
indonesia-as
Mike Pence: Islam Moderat di Indonesia Inspirasi bagi Dunia
Wapres AS Mike Pence (tengah) bersama Nasaruddin Umar (kanan) di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis 20 April 2017. (Foto: Reuters)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mengunjungi Masjid Istiqlal di Jakarta pada Kamis 20 April 2017, Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence memuji Islam di Indonesia sebagai "inspirasi bagi seluruh dunia."

Pence mengunjungi Masjid Istiqlal sebagai bagian dari tur Asia Tenggara. Ini merupakan lawatan pertama pejabat senior pemerintahan Donald Trump ke Jakarta.

Kunjungan dilakukan Pence di tengah meningkatnya ketegangan di Laut China Selatan, kekhawatiran berkembangnya pengaruh kelompok militan Islamic State (ISIS) di Asia Tenggara, dan memburuknya hubungan AS dengan Filipina setelah Presiden Rodrigo Duterte berkuasa. 

"Sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar, Islam moderat di Indonesia, sejujurnya menurut saya, adalah inspirasi bagi seluruh dunia," ungkap Pence, seperti dilaporkan Asian Correspondent, Jumat 21 April 2017. 

"Di negara Anda dan juga saya, semua agama bersatu dan tidak terpecah," sambung dia. 

Setelah bertemu Imam Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, Pence juga bertemu sejumlah pemuka agama Kristen, Buddha dan Hindu.

AS juga berkepentingan dengan Islam moderat yang tumbuh di Indonesia mengingat negara tersebut sering menjadi target utama operasi teroris berjaringan internasional. Indonesia juga beberapa kali mengalami serangan terorisme serupa. 

Sejak bom Bali 2002, kedua negara terus meningkatkan kerja sama kontraterorisme. AS mendanai dan melatih unit khusus Detasemen 88 di Indonesia yang mempunyai tugas utama memerangi terorisme.

"Amerika Serikat bangga menjadi salah satu mitra pertahanan yang paling lama, dan kami berkomitmen melanjutkan kemitraan ini," kata Pence setelah bertemu dengan Presiden Joko Widodo sesaat sebelum mengunjungi Istiqlal.




(WIL)