Korban Gempa di Tiongkok Meningkat Jadi 24 Orang

Arpan Rahman    •    Sabtu, 12 Aug 2017 11:09 WIB
gempa tiongkok
Korban Gempa di Tiongkok Meningkat Jadi 24 Orang
Gempa menyisakan kehancuran di Provinsi Sichuan, Tiongkok (Foto: AFP).

Metrotvnews.com, Beijing: Jumlah korban tewas akibat gempa yang melanda wilayah provinsi Sichuan, China barat daya, meningkat jadi 24, pada Jumat 11 Agustus 2017. Media pemerintah mengatakan, ketika pihak berwenang, menemukan lebih banyak jenazah.
 
 
Sebanyak 493 lainnya terluka dalam gempa berkekuatan 6,5 skala Richter, termasuk 45 dalam kondisi serius, kata kantor berita Xinhua seperti dilansir AFP, Sabtu 12 Agustus 2017, mengutip pejabat penyelamatan.
 
Kantor tanggap darurat prefektur Aba sebelumnya mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa lebih banyak mayat ditemukan di dalam sebuah bus di sebuah lembah sungai di Zhangzha. Tapi tidak memberi rincian lebih lanjut tentang apa yang terjadi pada kendaraan.
 
Media pemerintah berkata bahwa sekitar 85.000 korban sudah dievakuasi dari kota-kota dan desa-desa yang dilanda gempa, yang melanda Jiuzhaigou, sebuah tujuan wisata yang populer dengan sebuah taman nasional, pegunungan berhutan dan lebih dari 140 danau yang sudah diakui sebagai situs Warisan Dunia UNESCO.
 
 
Getaran tersebut menimbulkan kenangan akan gempa berkekuatan 8.0 skala Richter di wilayah tersebut pada 2008, yang menyebabkan 87.000 orang tewas dan hilang.
 
Rabu kemarin, Xinhua melaporkan usaha penyelamatan sedang berlangsung di area pegunungan, yang tingkat populasinya sekitar 40 orang per satu mil persegi. Sejumlah seismolog memprediksi akan terjadinya gempa susulan dalam beberapa hari ke depan. 
 
Jumlah korban tewas kemungkinan bertambah karena tim penolong masih belum dapat mencapai area-area terpencil di Sichuan. Upaya penyelamatan terhambat putusnya beberapa ruas jalan dan jaringan komunikasi. 
 
Jiuzhaigou adalah destinasi wisata populer yang merupakan tempat berdirinya Jiuzhaigou Nature Reserve -- beberapa bagiannya rusak akibat gempa pada Selasa kemarin. Otoritas setempat telah mengevakuasi sekitar 38 ribu turis dari area tersebut. 
 
Tiongkok berlokasi dekat "Cincin Api" atau "Ring of Fire," sebuah kawasan yang rentan dilanda aktivitas tektonik.

 

 
(FJR)