Duterte Sebut Kim Jong Un Pria Gemuk dan Bodoh

Sonya Michaella    •    Kamis, 03 Aug 2017 08:08 WIB
nuklir korea utara
Duterte Sebut Kim Jong Un Pria Gemuk dan Bodoh
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Manila: Presiden Filipina Rodrigo Duterte angkat bicara soal keadaan Semenanjung Korea dan program misil balistik Korea Utara (Korut).

Bahkan, ia menyebut pemimpin Korut Kim Jong-un adalah pria bodoh dan "anak perempuan jalang".

"Kim Jong Un memang bodoh. Dia bermain-main dengan sesuatu yang berbahaya. Sangat bodoh," ujar Duterte, seperti dikutip AFP, Kamis 3 Agustus 2017.

Ini bukan pertama kalinya Duterte mengkritik Kim atas ambisi misil balistiknya. Pada April lalu, dia mempertanyakan kesehatan mental Kim dan meminta Amerika Serikat (AS) untuk menahan diri dan tidak terpancing pada pria yang "ingin melihat akhir dunia."

"Hanya dengan konfrontasi ringan, maka bom akan meledak di sini. Konflik akan menghancurkan tanah dan semua kekayaan yang terkandung di dalamnya. Saya tidak tahu apa yang akan terjadi pada kita semua," lanjut dia.

Duterte tampaknya tidak berusaha menyetop kata-katanya tentang Kim Jong-un dalam pidatonya tersebut.

"Si gemuk itu, dia bodoh. Dia melakukan kesalahan. Program misil mereka harus dihentikan," katanya lagi.

Sementara itu Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson dijadwalkan akan hadir dalam pertemuan ASEAN Ministerial Meeting (AMM) di Manila yang juga akan membahas perkembangan misil Korut.

Tillerson juga sempat mengatakan bahwa ia ingin menggelar dialog dengan Pyongyang dan mengatakan bahwa Negara Komunis tersebut bukanlah musuh AS dan AS sama sekali tidak ingin menggulingkan rezim Kim Jong-un.



(FJR)