Aung San Suu Kyi Tak Hadir di KTT ASEAN

Sonya Michaella    •    Kamis, 26 Apr 2018 10:14 WIB
ktt aseanmyanmar
Aung San Suu Kyi Tak Hadir di KTT ASEAN
Pemimpin de facto Myanmar, Aung San Suu Kyi. (Foto: AFP)

Naypyitaw: Pemimpin de facto Myanmar Aung San Suu Kyi dikabarkan tidak akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-32 di Singapura, yang akan diselenggarakan besok.

Ini adalah pertama kalinya Suu Kyi tidak hadir. Sebagai gantinya, Presiden Win Myint yang dilantik bulan lalu, akan mewakili Suu Kyi hadir di konferensi negara Asia Tenggara ini.

Sejatinya, KTT ASEAN kali ini akan memfokuskan pembahasan di konflik Myanmar. Tak disebutkan secara pasti mengapa Suu Kyi berhalangan hadir. 

"Suu Kyi banyak keperluan yang harus diselesaikan, maka ia tidak bisa pergi jauh," kata Kantor Pemerintah Myanmar, ketika dikonfirmasi soal absennya Suu Kyi.

Dilansir dari South China Morning Post, Kamis 26 April 2018, Suu Kyi memang tengah berada di tengah kritik tajam atas kasus Rohingya di Rakhine State. Hingga kini, proses repatriasi Rohingya yang disepakati Myanmar dan Bangladesh pun terhambat.

Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan memastikan bahwa konflik Rakhine dan kondisi Rohingya akan menjadi topik utama di KTT ASEAN kali ini.

"Apa yang Anda saksikan sekarang adalah bencana. Itu adalah tragedi kemanusiaan," kata Vivian.

Ia juga menambahkan, fokus ASEAN juga untuk menghentikan kekerasan dan memberikan bantuan. Kendati demikian, ASEAN menuntut tanggung jawab Pemerintah Myanmar untuk memberikan solusi.

Saat ini, hampir satu juta Rohingya masih terlunta-lunta di perbatasan Bangladesh. Sebagian kecil dari mereka sudah dipindahkan ke tempat yang lebih tinggi atas prakarsa Pemerintah Bangladesh untuk menghindari banjir karena didera hujan terus-menerus.


(FJR)


Pameran Replika Stasiun Kereta Api Bersejarah di AS

Pameran Replika Stasiun Kereta Api Bersejarah di AS

1 day Ago

Ribuan pengunjung setiap tahun datang ke U.S. Botanic Garden atau Kebun Raya AS di Washington untuk…

BERITA LAINNYA