Indonesia Minta Thailand Jaga Sentralitas ASEAN

Willy Haryono    •    Jumat, 06 Jul 2018 17:56 WIB
indonesia-thailand
Indonesia Minta Thailand Jaga Sentralitas ASEAN
Pertemuan JCM ke-9 antara Indonesia dan Thailand di Yogyakarta 6 Juli 2018 (Foto: Dok.Kemenlu RI).

Yogyakarta: Thailand akan melanjutkan keketuaan ASEAN pada 2019 menggantikan posisi Singapura saat ini. Indonesia, sebagai negara terbesar di kawasan, meminta Thailand untuk menjaga sentralitas dan kesatuan ASEAN.
 
Baca juga: Lewat JCM, Thailand Lanjutkan Momentum Positif dengan Indonesia.
 
"Indonesia ingin selalu ASEAN ada di posisi sentral," tegas Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam konferensi pers gabungan di Joint Commission Meeting (JCM) ke-9 di Hotel Tentrem, Yogyakarta, Jumat 6 Juli 2018.
 
Tahun depan juga menjadi titik awal penting bagi Indonesia, yang akan menjalankan tugas sebagai salah satu anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB).
 
Menlu Retno menyebut, salah satu prioritas Indonesia adalah meng-empower organisasi regional seperti ASEAN.
 
"Indonesia ingin meng-empower, agar organisasi tersebut bisa dengan cepat menanggapi isu-isu regional," sebut Menlu Retno.
 
Baca juga: Cegah Ketegangan di Laut, Indonesia-Thailand Perjelas ZEE.
 
Sebelumnya, Menlu Retno mengucapkan terima kasih kepada Thailand yang telah memberikan dukungan kepada RI untuk menjadi anggota tidak tetap DK PBB.
 
Indonesia menjadi salah satu anggota tidak tetap DK PBB usai mengalahkan Maladewa lewat raihan 144 suara dalam voting tertutup di New York pada 8 Juni. Ini merupakan kali keempat Indonesia menjadi anggota tidak tetap DK PBB.


(FJR)