Kim Jong-un Siap Berdialog dengan Korea Selatan

Sonya Michaella    •    Selasa, 02 Jan 2018 12:03 WIB
nuklir korea utararudal korut
Kim Jong-un Siap Berdialog dengan Korea Selatan
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un. (Foto: AFP)

Pyongyang: Pemimpin tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong-un menyatakan dirinya "siap berdialog" dengan musuh bebuyutannya, Korea Selatan (Korsel).

"Baik Korut maupun Korsel harus sama-sama berusaha. Terkait hubungan kedua negara, kita harus mengurangi ketegangan di Semenanjung Korea," kata Kim, dikutip dari AFP, Selasa 2 Januari 2018.

Pernyataan ini diutarakan Kim dalam pernyataan Tahun Baru 2018 di Pyongyang. Ia juga meyakinkan bahwa negaranya adalah negara pemilik kekuatan nuklir yang bertanggung jawab.

"Korut dan Korsel harus memperbaiki hubungan, terutama dari hubungan masa lalu dan melakukan terobosan dalam upaya mencapai penyatuan kembali," ungkap dia.

Namun, sebelumnya Kim telah memperingatkan, khususnya untuk Amerika Serikat, bahwa tombol peluncur nuklir selalu siap sedia di mejanya. Dengan kata lain, kapanpun ia bisa meluncurkan nuklir tersebut.

"Kita harus memproduksi massal hulu ledak nuklir dan misil balistik serta mempercepat pengirimannya," ujar dia.

Pyongyang menyebut program senjatanya didesain untuk mencapai berbagai target, terutama dataran utama Amerika Serikat (AS) via teknologi misil antarbenua atau ICBM. 

Presiden AS Donald Trump merespons tiap langkah Korut dengan retorika mengancam, termasuk "menghancurkan total" Pyongyang. Ia juga menyebut Kim sedang menjalankan "misi bunuh diri."

Alih-alih meredam langkah provokatif, sejumlah analis mengatakan retorika Trump juga membuat Kim semakin bersemangat dalam misinya menghancurkan AS. 

 


(WIL)

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

4 hours Ago

Myanmar menyanggupi akan menyediakan tempat penampungan sementara bagi Rohingya yang kembali.

BERITA LAINNYA