Menlu RI-Singapura Periksa Kemajuan Kerja Sama Bilateral

Sonya Michaella    •    Rabu, 14 Feb 2018 11:28 WIB
indonesia-singapura
Menlu RI-Singapura Periksa Kemajuan Kerja Sama Bilateral
Menlu Retno Marsudi (kanan) berjabat tangan dengan Menlu Singapura Vivian Balakrishnan di Kemenlu RI, Jakarta, Rabu 14 Februari 2018. (Foto: Sonya Michaella)

Jakarta: Menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan, Menlu RI Retno Marsudi mengaku lebih membahas persoalan hubungan bilateral kedua negara.

"Kita memeriksa kemajuan dari kerja sama yang sudah kita lakukan," kata Menlu Retno ketika ditemui di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Rabu 14 Februari 2018.

"Merupakan tradisi bahwa kita melakukan pengecekan kelanjutan kerja sama dua negara dari hasil pertemuan tingkat kepala negara yang digelar setiap tahunnya," lanjut dia.

Menlu Retno menambahkan, kerja sama bilateral dengan Singapura merupakan salah satu kemitraan Indonesia dengan negara sahabat yang kemajuannya cukup baik. "Kita sadar ada kemajuan yang sangat signifikan di hubungan bilateral ini," tutur Menlu Retno.

Selain mengenai bidang kerja sama, kedua menlu juga membicarakan waktu yang tepat untuk diselenggarakannya kembali pertemuan tingkat kepala negara.

Keduanya berharap Presiden RI Joko Widodo dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dapat segera bertemu. 

Melakukan dua hari kunjungan kerja ke Jakarta, Menlu Vivian sudah bertemu mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto, serta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Selasa kemarin.


(WIL)