Nepal Selidiki Kecelakaan Maut di Bandara Kathmandu

Willy Haryono    •    Selasa, 13 Mar 2018 15:33 WIB
kecelakaan pesawat
Nepal Selidiki Kecelakaan Maut di Bandara Kathmandu
Sebuah pesawat melaju di landasan pacu Bandara Kathmandu, Nepal, 12 Maret 2018, dekat puing pesawat US-Bangla yang mengalami kecelakaan. (Foto: AFP/PRAKASH MATHEMA)

Kathmandu: Nepal menyelidiki kecelakaan maut sebuah pesawat di Bandara Kathmandu yang menewaskan 49 orang pada Senin kemarin. Dari penelusuran, diketahui sempat terjadi kebingungan koordinasi antara pilot dengan menara pengawas terkait landasan pacu. 

Otoritas penerbangan Nepal mengaku telah mengambil data-data yang diperlukan dari Flight Data Recorder (FDR) pesawat. Dari sana lah diketahui ada miskoordinasi antara pilot dengan menara. 

Sejumlah saksi mata mengaku melihat pesawat maskapai US-Bangla Airways itu berubah arah secara mendadak saat mendarat. Alhasil, pesawat yang mengangkut 71 orang itu tergelincir keluar jalur dan terbakar.

Baca: Korban Tewas Pesawat Bangladesh jadi 49 Orang

Kepala Eksekutif US-Bangla Imran Asif mengatakan telah terjadi "sebuah kesalahan dari menara pengawas" saat pesawat mendekati landasan pacu Bandara Internasional Kathmandu. 

Namun manajer bandara Raj Kumar Chhetri menginformasikan AFP bahwa masih terlalu dini untuk menentukan penyebab terjadinya kecelakaan tersebut. 

"Masih diselidiki apakah pilot atau petugas menara yang salah," ungkap Chhetri. 

Data dari FDR menunjukkan kebingungan antara pilot dengan menara terkait landasan pacu mana yang bisa dipakai untuk mendarat saat itu. 

Andrew Blackie, pakar penerbangan yang mendengarkan data dari FDR, mengonfirmasi memang ada kebingungan antara pilot dengan menara saat pesawat hendak mendarat.


(WIL)


Kontroversi Jaket Ibu Negara AS saat Kunjungi Detensi Imigrasi

Kontroversi Jaket Ibu Negara AS saat Kunjungi Detensi Imigrasi

2 hours Ago

Melania Trump mengejutkan dunia dengan mengunjungi migran anak di perbatasan Amerika Serikat (AS)-Meksiko…

BERITA LAINNYA