Puluhan Orang Belum Ditemukan Akibat Gempa Taiwan

Kautsar Widya Prabowo    •    Kamis, 08 Feb 2018 07:19 WIB
gempa bumitaiwan
Puluhan Orang Belum Ditemukan Akibat Gempa Taiwan
Sebuah bangunan menjadi miring dan hampir roboh akibat terkena dampak gempa di Hualien, Taiwan, 7 Februari 2018. (Foto: AFP/PAUL YANG)

Jakarta: Jumlah korban tewas akibat gempa bumi berkekuatan 6,5 Skala Richter (SR) di Kabupaten Hualin, Taiwan, bertambah. Dilansir dari Antara, hingga Rabu, 7 Febuari 2018 malam, tercatat delapan orang tewas dan 67 orang masih dalam proses pencarian.

47 orang yang berada di Gedung Yun Men Tsui, belum diketahui keberadaanya hingga Kamis 8 Februari 2018 dini hari. Termasuk 10 orang yang menginap di Beuty Inn dan 37 warga terdaftar lainya.

Wali Kota Hualien, Fu Kun-Chi mengatakan, diperkiran puluhan orang yang belum ditemukan berada di reruntuhan gedung-gedung. 

"Ini gempa bumi terburuk dalam sejarah Hualien, atau sedikitnya dalam kurun waktu 40 tahun terakhir semasa hidup saya," kata salah satu relawan Yang Hsi Hua.

Petugas berseragam oranye-merah dengan menggunakan helm masih terus mencari warga yang terperangkap di beberapa blok apartemen.

Hingga saat ini belum diketahui adanya korban tewas dari kalangan Warga Negara Indonesia (WNI). Kantor Dagang dan Ekonomi (KDEI) di Taipe mengimbau WNI segera melapor jika ada yang menjadi korban gempa.

Sementara, Jumlah WNI yang bekerja di Taiwan diperkirakan mencapai angka 250 ribu orang, sedangkan yang melanjutkan pendidikan sekitar 3.500 orang.


(DEN)