Kim Jong-un Awasi Langsung Uji Coba Rudal Antarbenua

Sonya Michaella    •    Rabu, 29 Nov 2017 14:49 WIB
korea utaranuklir korea utararudal korut
Kim Jong-un Awasi Langsung Uji Coba Rudal Antarbenua
Kim Jong-un perintahkan dan awasi langsung peluncuran rudal antarbenua hari ini. (Foto: AFP)

Pyongyang: Korea Utara (Korut) mengklaim peluncuran uji coba rudal balistik bernama Hwasong-15, sukses. Rudal balistik ini merupakan rudal antarbenua jenis baru.

"Peluncuran rudal Hwasong-15 di bawah arahan langsung Pemimpin Tertinggi Kim Jong-un pada 29 November, pukul 02.48 dini hari," lapor kantor berita pemerintah Korut, KCNA, Rabu 29 November 2017.

"Setelah terbang selama 53 menit di sepanjang orbit yang ditetapkan, rudal tersebut secara akurat mendarat di Laut Timur Korea (Laut Jepang)," lanjut berita tersebut.

Namun, Korut meyakini bahwa sistem peluncuran tersebut dari sudut paling tinggi sehingga tidak menimbulkan efek buruk pada negara tetangga, terlebih pada keamanan.

"Rudal terbang pada ketinggian 4.475 kilometer dan melayang sejauh 950 kilometer," lapor KCNA lagi.

Setelah menyaksikan peluncuran Hwasong-15 yang sukses ini, Kim Jong-un dengan bangga menyatakan bahwa ini termasuk peluncuran yang hebat untuk membangun rudal yang lebih besar lagi.

Disebutkan pula, pengembangan dan kemajuan senjata strategis Korut ini adalah untuk mempertahankan kedaulatan dan integritas teritorial negara dari kebijakan imperialis Amerika Serikat.

Korut juga menyebutkan, program rudal balistik ini tidak akan menimbulkan ancaman terhadap negara dan wilayah manapun asalkan kepentingan Korut tidak dilanggar.

Sebagai negara dengan kekuatan rudal yang bertanggung jawab, Korut menyebut negaranya adalah negara yang cinta damai dan akan melakukan segala upaya untuk mencapai tujuan mulia mempertahankan perdamaian dan stabilitas dunia.



(FJR)