Meski Pencarian Disetop, RI Harap Tetap Ada Info Soal MH370

Sonya Michaella    •    Rabu, 18 Jan 2017 15:17 WIB
misteri mh370
Meski Pencarian Disetop, RI Harap Tetap Ada Info Soal MH370
Jubir Kemenlu RI Arrmanatha Nasir (Foto: Sonya Michaella/MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir, menanggapi dihentikannya pencarian Malaysia Airlines MH370. Dirinya mewakili Indonesia, tetap berharap ada kabar baik yang muncul walaupun pencaian bangkai pesawat telah disetop.
 
"Kami berharap, tetap ada kabar atau informasi terbaru dari pencarian MH370 ini dari pemerintah Malaysia juga dari dua negara yang menjadi tim pencarian, yaitu Australia dan Tiongkok," ucap Arrmanatha di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Rabu (18/1/2017).
 
 
Mendengar pencarian ini dihentikan, Arrmanatha menyampaikan rasa prihatin dan duka mendalam bagi para keluarga yang sangat berharap ada titik terang dari pencarian MH370 ini.
 
Tak ada jejak ditemukan dari pesawat yang menghilang pada 2014 bersama 239 orang di dalamnya. Tiga negara yang terlibat dalam mencari jejak itu memutuskan untuk menangguhkan upaya pencarian, kemarin, Selasa 17 Januari 2017.
 
Di antara penumpang itu, terdapat penumpang dari Indonesia. Tercatat tujuh warga negara Indonesia berada di pesawat jenis Boeing 777-200ER ini.
 
Lokasi pesawat MH370 menjadi salah satu misteri penerbangan terbesar di dunia sejak pesawat itu menghilang dalam penerbangan ke Beijing dari ibu kota Malaysia, Kuala Lumpur.
 
Kapal pencari terakhir meninggalkan lokasi pada Selasa, kata pihak dari tiga negara itu, setelah menjelajahi 120.000 km persegi kawasan dasar laut Samudera Hindia yang telah menjadi fokus pencarian hampir tiga tahun.
 
Malaysia, Australia, dan Tiongkok sepakat pada Juli lalu buat menangguhkan pencarian jika pesawat itu tidak juga ditemukan dan bukti baru belum ditemukan setelah wilayah tersebut dijelajahi.
 
 
Pihak Australia bulan lalu mengabaikan rekomendasi seorang peneliti agar bergeser mencari lebih jauh ke utara, seraya mengatakan bahwa tidak ada bukti baru yang muncul untuk mendukung saran ini.
 
Selama tiga tahun pula, banyak ditemukan puing-puing yang diduga berasal dari bangkai pesawat MH370. Penemuan puing-puing ini mayoritas ditemukan di Mauritius. Namun, tak ada yang benar-benar memastikan bahwa puing-puing yang ditemukan memang berasal dari MH370.

 

 
(FJR)


Grup Amal Texas Tampung 30 Imigran yang Ditahan AS

Grup Amal Texas Tampung 30 Imigran yang Ditahan AS

6 hours Ago

Para imigran itu ditampung usai otoritas AS mencabut dakwaan hukum atas tuduhan memasuki wilayah…

BERITA LAINNYA