Puluhan Ribu Warga Pro Tiongkok Tolak Kemerdekaan Hong Kong

Sonya Michaella    •    Kamis, 17 Nov 2016 11:49 WIB
hong kong
Puluhan Ribu Warga Pro Tiongkok Tolak Kemerdekaan Hong Kong
Demo yang terjadi di Hong Kong (Foto:BBC)

Metrotvnews.com, Hong Kong: Puluhan ribu demonstran pro-Tiongkok berunjuk rasa di Hong Kong untuk mengungkapkan kemarahan mereka atas Hong Kong yang ingin memerdekakan diri dari Tiongkok.

Para demonstran melambaikan bendera Tiongkok dan berteriak 'menentang kemerdekaan Hong Kong dari Tiongkok' berkali-kali. Mereka juga membawa spanduk bertuliskan 'dukung putusan Beijing'.

Dilansir BBC, Kamis (17/11/2016), pekan lalu, pemerintah Tiongkok mengeluarkan putusan di mana adanya diskualifikasi dua anggota parlemen yang pro kemerdekaan Hong Kong.

Sementara, para warga Hong Kong mengatakan bahwa Tiongkok terlalu mengintervensi dan hal tersebut telah merusak aturan dan hukum Hong Kong.

Maggie Chan, juru bicara aliansi yang mengorganisir unjuk rasa mengatakan, mereka sangat menentang adanya pemisahan Hong Kong dari Tiongkok.

"Begitu banyak orang yang sangat marah dengan gaya pro-kemerdekaan ini. Untuk apa berpisah dengan Tiongkok?" ucapnya kepada BBC dengan nada marah.

Namun, sejumlah kritikus dan analis di Hong Kong menilai bahwa unjuk rasa ini dibayar untuk mengambil bagian dalam pro Tiongkok.

Merespons terpilihnya sejumlah pejabat pro demokrasi di Hong Kong, badan legislatif Tiongkok menegaskan Beijing harus turun tangan untuk mencegah gerakan kemerdekaan. 

Bagi Tiongkok, gerakan pro demokrasi menuju kemerdekaan di Hong Kong adalah ancaman bagi keamanan nasional Negeri Tirai Bambu.  

Komite Kongres Nasional Rakyat mengatakan Tiongkok tidak boleh tinggal diam di hadapan tantangan Hong Kong terhadap wewenang Beijing. 

"Para pejabat pro demokrasi merupakan ancaman nyata bagi kedaulatan dan keamanan nasional," ujar panel legislatif Tiongkok.

 


(WIL)