Jokowi Dorong Diplomat Muda Jawab Tantangan 'Zaman Now'

Marcheilla Ariesta    •    Senin, 12 Feb 2018 22:58 WIB
presiden jokowidiplomasi luar negeri
Jokowi Dorong Diplomat Muda Jawab Tantangan 'Zaman Now'
Presiden Joko Widodo bertemu para diplomat muda di Kantin Diplomasi Kemenlu RI, Jakarta, Senin 12 Februari 2018. (Foto: Kemenlu RI)

Jakarta: Presiden Joko Widodo mengunjungi Kantin Diplomasi Kementerian Luar Negeri. Di sana, dia bertemu sejumlah diplomat muda. Banyak pesan yang disampaikan Presiden, salah satunya agar mereka semua siap menghadapi berbagai tantangan.

Juru Bicara Kementerian Arrmanatha Nasir mengatakan sedikitnya 56 diplomat muda angkatan ke-40 telah bertemu Jokowi hari ini. Sebelumnya, mereka juga menyaksikan pidato pembukaan presiden dalam rapat perwakilan RI.

"Kantin itu dibangun dengan izin presiden. Di kantin ini akan ada pendekatan modern, inklusif, tak hanya digunakan pegawai Kemenlu untuk makan, namun juga untuk pertemuan dan rapat," kata Arrmanatha di Kemenlu RI, Jakarta, Senin 12 Februari 2018.

"Presiden mendorong diplomat muda mengerti isu terkini, khususnya yang berhubungan dengan kita, karena tantangan yang dihadapi ke depan pasti lebih besar," ujar Arrmanatha.

Di Kantin Diplomasi, Presiden bersama para menteri Kabinet Kerja kemudian duduk di satu meja. Presiden disuguhi beberapa makanan, seperti bakwan jagung, tahu goreng, dan aneka gorengan serta bubur Manado.

Sebelumnya di hari yang sama, Jokowi menginginkan Kedutaan Besar RI di seluruh dunia menjadi contoh cepatnya pelayanan publik.

Hal ini sejalan dengan tekad Jokowi dalam merombak birokrasi di Indonesia yang dinilainya terlalu berbelit-belit.

Dia menginginkan urusan dokumen dan lain-lainnya di seluruh KBRI dapat selesai dalam hitungan jam, atau bahkan menit.

Baca: Jokowi Ingin KBRI Jadi Contoh Gesitnya Pelayanan Publik


(WIL)