OKI Jadwalkan Sesi Khusus Jelang Pengumuman AS soal Yerusalem

Sonya Michaella    •    Rabu, 06 Dec 2017 22:37 WIB
israel palestinadonald trumppalestina israel
OKI Jadwalkan Sesi Khusus Jelang Pengumuman AS soal Yerusalem
Menlu Retno ketika ditemui di ICE BSD, Tangerang, Rabu 6 Desember 2017. (Foto: Sonya Michaella)

Tangerang: Jelang langkah Amerika Serikat (AS) mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi telah berkomunikasi dengan Menteri Luar Negeri Palestina, Riad Al Maliki.

“Saya juga berkomunikasi dengan sejumlah menteri luar negeri Organisasi Kerja Sama Islam (OKI),” kata Menlu Retno ketika ditemui di ICE BSD, Tangerang, Rabu 6 Desember 2017.

“Untuk itu, sedang diatur dan dibicarakan pertemuan khusus OKI, entah itu tingkat menteri atau summit. Sedang dibicarakan,” ujar Menlu Retno.

Hari ini Menlu Retno juga berkomunikasi dengan Duta Besar AS Joseph Donovan. Menlu Retno mengutarakan harapannya agar AS bisa menunda tindakannya tersebut.

“Saya harap AS tidak melakukan itu,” tegas Menlu Retno.

Menurut kabar yang beredar, Trump akan membuat pengumuman penting tersebut pada 6 Desember, pukul 13.00 siang waktu AS dari Gedung Putih.

Baca: Kalla Nilai Upaya Trump Mempersulit Politik Timur Tengah

Trump akan mengumumkan pemindahan Kedutaan Besar AS dari Tel Aviv ke Yerusalem. Secara tidak langsung, AS mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Sebelumnya, Trump telah menelepon Presiden Palestina Mahmoud Abbas untuk mengutarakan maksudnya ini. 

Tak hanya Abbas, Raja Yordania, Raja Arab Saudi dan Presiden Mesir juga menerima telepon dari Trump dengan inti pembicaraan yang sama.

 


(WIL)