AS Segera Umumkan Sanksi Terberat untuk Korut

Willy Haryono    •    Rabu, 07 Feb 2018 17:45 WIB
korea utara nuklir korea utarapemerintahan as
AS Segera Umumkan Sanksi Terberat untuk Korut
Wapres AS Mike Pence dalam konferensi pers di kediaman PM Shinzo Abe di Tokyo, Jepang, 7 Februari 2018. (Foto: AFP/NICOLAS DATICHE)

Tokyo: Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence akan segera mengumumkan "sanksi terberat" kepada Korea Utara atas program senjata nuklir dan misil. Ia juga menegaskan AS tidak akan membiarkan Korut "membajak" Olimpiade Musim Dingin di Korea Selatan. 

Berbicara di Jepang sebelum menghadiri upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin, Pence menegaskan Washington akan "mengintensifikan tekanan maksimal" terhadap Korut, lewat kerja sama dengan Tokyo.

"Saya mengumumkan hari ini bahwa AS akan segera mengumumkan sanksi terberat dan paling agresif di bidang ekonomi terhadap Korut," ungkap Pence tanpa memberikan detail lebih lanjut, seperti dilansir AFP, Rabu 7 Februari 2018. 

Kunjungan tiga hari Pence ke Jepang dilakukan di tengah upaya AS memperkuat hubungan dengan beberapa mitranya di kawasan, dan juga mempertahankan tekanan terhadap Korut, meski ketegangan di Semenanjung Korea relatif menurun dalam beberapa pekan terakhir. 

"Semua opsi sudah dipaparkan, dan AS telah mengirim sejumlah aset militer tercanggih ke Jepang dan kawasan untuk melindungi tanah air kami dan juga sekutu kami," tegas Pence. 

Untuk menyoroti dugaan pelanggaran hak asasi manusia di Korut, Pence berencana menghadiri pembukaan Olimpiade Musim Dingin bersama ayah dari Otto Warmbier, warga AS yang pernah menjadi tahanan Pyongyang.

Serangkaian sanksi ekonomi telah dijatuhkan kepada Korut. Meski begitu, pemimpin Korut Kim Jong-un tetap melanjutkan program nuklir dan misil, yang diklaimnya krusial untuk melindungi kedaulatan negara.

Baca: PBB Adopsi Sanksi Baru untuk Korea Utara

 


(WIL)