Kaisar Jepang Ucapkan Selamat Tahun Baru

Arpan Rahman    •    Selasa, 02 Jan 2018 16:00 WIB
politik jepangkaisar jepang
Kaisar Jepang Ucapkan Selamat Tahun Baru
Kaisar Akihito bersama istrinya, Michiko, menyapa warga dalam pidato Tahun Baru di Tokyo, Jepang, 2 Januari 2018. (Foto: AFP/Kazuhiro Nogi)

Tokyo: Kaisar Jepang, Akihitom menyampaikan pidato Tahun Baru di hadapan puluhan ribu warga yang berduyun-duyun datang ke Istana Kekaisaran di Tokyo, Selasa 2 Januari 2018. Ini merupakan momen-momen akhir bagi rakyat Jepang untuk melihat Akihito sebagai kaisar, sebelum nantinya turun takhta tahun depan. 

Inilah merupakan penampilan Tahun Baru terakhir bersama Akihito bagi Putri Mako, cucu sulungnya, yang dijadwalkan menikah dengan kekasihnya pada November. Setelah menikah, Mako akan meninggalkan keluarga kerajaan.

Istana Kekaisaran mengatakan lebih dari 73.000 orang menghadiri pidato Akihito. Banyak orang melambai-lambaikan bendera Jepang dan meneriakkan "Banzai" atau "Jayalah!"

"Selamat Tahun Baru, Saya benar-benar senang dapat merayakan tahun baru ini bersama Anda," kata Kaisar Akihito, tersebut seperti dilansir AFP. Ia berpidato dari balkon tertutup kaca di istana. Di sana, sang kaisar diapit Mako dan anggota keluarga lainnya.

Mereka akan kembali tampil di hadapan publik sore hari ini.

Baca: Kaisar Jepang akan Turun Takhta pada Maret 2019

Keputusan Mengejutkan

Sang kaisar mengejutkan Jepang pada 2016 saat mengisyaratkan keinginannya turun takhta setelah hampir tiga dasawarsa berkuasa. Ia menyebutkan usia dan kesehatannya menjadi pertimbangan utama. 

Dia akan menjadi kaisar pertama yang mundur sejak lebih dari dua abad terakhir dalam sejarah keluarga kaisar Jepang, Akihito dijadwalkan turun takhta pada 30 April 2019. 

Putra sulung Akihito, Putra Mahkota Naruhito yang berusia 57 tahun, akan naik takhta satu hari setelah sang ayah mundur.

Status kaisar merupakan isu sensitif di Jepang, mengingat sejarah perang di abad ke-20 yang dilancarkan atas nama ayah Akihito, Hirohito, yang meninggal di tahun 1989. Akihito menjadi kaisar di era modern dan sebagai simbol negara.

Istana Kekaisaran Jepang, dikelilingi tembok batu dan parit berlumut, dibuka dua kali setahun pada hari ulang tahun kaisar dan hari kedua Tahun Baru.

 


(WIL)

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

4 hours Ago

Myanmar menyanggupi akan menyediakan tempat penampungan sementara bagi Rohingya yang kembali.

BERITA LAINNYA