Ada Reuni Keluarga di Pertemuan Korsel-Korut Besok

Sonya Michaella    •    Senin, 08 Jan 2018 19:04 WIB
korea utarakorea selatan
Ada Reuni Keluarga di Pertemuan Korsel-Korut Besok
Seorang pria berjalan di pagar kawat berduri yang dihiasi pita di DMZ yang memisah Korsel dengan Korut, 8 Januari 2018. (Foto: AFP/JUNG YEON-JE)

Seoul: Terdapat satu agenda tambahan dalam diskusi resmi antara Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut) yang dijadwalkan Selasa 9 Januari 2018. Acara reuni keluarga yang terpisah sejak Perang Korea juga dijadwalkan digelar di sela diskusi.

"Kami akan mempersiapkan diskusi mengenai isu keluarga yang terpisah dan cara untuk mengurangi ketegangan militer," kata Menteri Unifikasi Cho Myoung-gyon, dikutip dari Yonhap, Senin 8 Januari 2018.

Banyak warga Korea yang terpisah setelah berakhirnya Perang Korea pada 1950-1953. Ada sebagian warga Korsel yang keluarganya hingga kini tinggal di Korut karena terpisah di masa lalu.

"Banyak anggota keluarga yang terpisah karena kawasan Semenanjung Korea dibagi dua dan dibatasi," lanjut dia.

Pada 2015, sempat disepakati dan dilakukan reuni keluarga oleh 60 ribu lansia Korsel yang ingin bertemu anggota keluarga mereka di Korut.

Namun, Pyongyang telah menyatakan tidak akan ada lagi reuni keluarga kecuali Korsel setuju untuk mengembalikan sejumlah warga negara Korut ke asalnya.

Pembahasan antara Korsel dan Korut sedianya akan digelar besok di Desa Panmunjom, yang berada di kawasan Zona Demiliterisasi atau DMZ.

Kesepakatan dialog ini awalnya ditawarkan pemimpin Korut, Kim Jong-un, dan ditanggapi baik oleh Presiden Korsel Moon Jae-in. Untuk mewujudkannya, Korsel menetapkan tanggal pelaksanaan. Tidak disangka, Korut menyetujuinya.

Baca: Kim Jong-un Siap Berdialog dengan Korea Selatan

Dialog dua negara yang bermusuhan ini akan membahas keterlibatan Korut di Olimpiade Musim Dingin yang akan digelar di Korsel bulan depan. Namun tak menutup kemungkinan, akan ada isu lain yang dibahas antar kedua negara.


(WIL)


Pameran Replika Stasiun Kereta Api Bersejarah di AS

Pameran Replika Stasiun Kereta Api Bersejarah di AS

19 hours Ago

Ribuan pengunjung setiap tahun datang ke U.S. Botanic Garden atau Kebun Raya AS di Washington untuk…

BERITA LAINNYA